-->

3 Tips Agar Introvert Lebih Mudah Memulai Pembicaraan

3 Tips Agar Introvert Lebih Mudah Memulai Pembicaraan

Menjadi seorang dengan keadaan kecemasan sosial yang berlebihan menjadi momok yang sering dikeluhkan oleh sebagian orang. Dalam hal ini mungkin kamu akan sulit untuk hanya sekedar menyampaikan gagasan sederhana untuk berhubungan dengan orang asing ataupun orang baru.

Hal ini tentunya akan membuat kamu memiliki penderitaan yang pasti menyisakan luka pada suatu hari nanti. Tetapi, dengan sedikit kesabaran, latihan, dan kemauan untuk keluar dari zona nyaman kamu, kamu bisa merubah kehidupan sosial tersebut.

Menurut sebuah penelitian di Journal of Anxiety Disorders, orang dengan gangguan kecemasan sosial memiliki kesenjangan dalam keterampilan sosial yang membatasi kinerja sosial mereka, sampai-sampai, bahkan ketika mereka berhasil mengendalikan kecemasan mereka, mereka tidak tahu bagaimana memulainya. percakapan atau membaca tubuh bahasa atau menafsirkan isyarat sosial.

Namun, tidak ada yang tidak bisa dipelajari; leluconnya adalah untuk mengasimilasi bahwa komunikasi lebih dari sekadar berbicara dan bahwa, dengan sedikit latihan, kamu akan terbiasa dengan situasi sosial.

Berikut catatan baru berikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan untuk memulai pembicaraan ketika kamu memiliki kecemasan sosial.

Latih keterampilan percakapan kamu

Berbicara adalah seni, sedemikian rupa sehingga ada seluruh buku untuk dipelajari bagaimana melakukannya dengan fasih. Namun, pembelajaran yang sebenarnya adalah ketika kamu mempraktikkan semua pelajaran, dan dalam hal ini, semakin banyak kamu melakukannya, semakin baik. Untuk memulai, baca artikel tentang cara memulai percakapan, cara memimpin percakapan biasa, dan cara mengakhirinya. 

Memperhitungkan bahwa berkali-kali itu akan salah, tetapi dengan waktu, kesabaran dan belas kasih diri, setiap kali kamu akan menjadi lebih baik dalam hal itu. Baca tentang itu dan pelajari percakapan teman-teman kamu lakukan, dan cobalah untuk meniru mereka. Pada awalnya mungkin kamu akan merasa palsu, tetapi kamu akan segera terbiasa dan menemukan gaya kamu sendiri.

Fokus pada komunikasi non-verbal kamu

Menurut penelitian yang disebutkan di atas, kecemasan sosial membuat kamu mengabaikan fisik yang tersirat dalam komunikasi dan, secara tidak sengaja, kamu menyiratkan bahwa kamu sama sekali tidak tertarik dengan apa yang dikatakan orang lain. Ini terlihat dalam tindakan kecil, seperti tidak mempertahankan kontak mata, berbicara dengan suara rendah atau sangat cepat, tersenyum terlalu banyak atau terlalu sedikit, atau melihat ke bawah.

Untuk mengatasinya, pelajari dan baca tentang dasar-dasar bahasa tubuh dan pelajari pose dan gerakan yang membuat kamu terlihat seperti orang yang lebih mudah didekati, seperti mengangguk, mempertahankan kontak mata, dan lain-lain. Pada awalnya kamu mungkin merasa aneh, tapi lama kelamaan akan keluar secara alami.

Carilah aktivitas yang bergantung pada percakapan

Jelas ini tidak selamanya kamu lakukan sepanjang hidup; ini hanya cara bertahap untuk membiasakan diri dengan kamu dengan orang lain. Cobalah untuk sedikit memulai ubah kebiasaan kamu, yang mungkin sebelumnya hanya nongkrong dirumah, sekrang kamu bisa memulai untuk mencoba pergi untuk minum kopi bersama orang lain, di mana disana kamu akan berlatih berkomunikasi, dan kamu akan segera terbiasa.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel