-->

Cara Investasi Emas bagi Pemula, Aman dan Menguntungkan

Cara Investasi Emas bagi Pemula, Aman dan Menguntungkan

Ada investasi yang tidak lekang oleh waktu ke waktu, salah satunya adalah investasi emas. Demam emas bukanlah hal baru, bahkan bukan bukan hanya di akhir-akhir ini. Tetapi apakah saat ini investasi emas di tahun 2021 masih menguntungkan? Mengapa dan bagaimana berinvestasi dalam emas? Berikut catatan baru berikan ulasanya.

Mengapa kamu harus berinvestasi emas ?

Ada banyak alasan untuk membeli emas, tetapi salah satu yang paling sering menjadi alasan adalah sebagai perlindungan di saat keadaan krisis, karena harga emas cenderung lebih stabil daripada aset keuangan lainnya.

Ini tidak berarti bahwa emas tidak bisa jatuh, semuanya akan tergantung pada saat kamu mulai berinvestasi. Tetapi yang pasti adalah, bahwa dalam jangka panjang nilainya akan meningkat. Karena faktanya bahwa emas terkait erat dengan harga dolar, sehingga ketika greenback menurun, emas naik, dan sebaliknya.

Di luar  negeri emas digunakan sebagai aset investasi, emas digunakan dalam industri perhiasan dan elektronik, sehingga permintaan akan logam ini terus-menerus. Karena barang terbatas, hal ini menyebabkan harganya cenderung naik.

Jika kamu tidak memiliki banyak pengetahuan tentang hal ini, mungkin yang terbaik adalah mencari penasihat keuangan untuk membantu kamu mendapatkan hasil terbaik.

Apa sih keuntungan dan kerugian berinvestasi emas?

Berinvestasi emas bisa menjadi pilihan yang baik untuk menutupi risiko investasi kita, namun bukan berarti kita lepas dari poin positif dan negatifnya. Itulah kelebihan dan kekurangan berinvestasi emas.

Keuntungan berinvestasi emas

Menyimpan emas fisik memberi kamu aset dengan likuiditas total. Kamu dapat menjualnya kapan saja, di mana saja. Tentunya harga jual emas tidak selalu mencapai saat kamu membelinya.

  • Emas tidak tunduk pada ketidakpastian politik.
  • Emas memungkinkan untuk diversifikasi portofolio investasi.
  • Sejumlah emas kecil dapat menjadi nilai yang signifikan, sehingga mudah untuk disimpan dalam kasus emas fisik.

Inilah manfaat berinvestasi emas yang menjadikannya aset safe haven dan salah satu alternatif pertama yang dilihat penabung ketika memikirkan keamanan uang mereka.

Kerugian berinvestasi emas

  • Tidak semuanya baik, ada juga bahaya berinvestasi emas yang harus kita ketahui:
  • Investasi tidak diasuransikan. Jangan dibimbing oleh kata-kata seperti nilai perlindungan dan sejenisnya. Nilai emas bisa naik turun, dan itu harus diperhitungkan. 
  • Korelasinya tinggi dengan dolar, sehingga ketika nilai uang kertas jatuh, dolar naik.
  • Emas harus disimpan di tempat yang aman. Hal ini terutama berlaku untuk emas fisik, yang mungkin juga memerlukan asuransi.


Cara berinvestasi emas

Yang paling umum ketika berpikir untuk berinvestasi dalam logam mulia ini adalah membeli emas batangan atau emas fisik lainnya. Kenyataannya adalah ada alternatif lain untuk berinvestasi emas yang tidak ada hubungannya dengan emas fisik.

Setiap pilihan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang paling penting adalah memahami cara kerjanya dan apa yang akan kita dapatkan dalam setiap yang kita pilih.

Cara membeli emas dengan produk keuangan

Dibandingkan dengan berinvestasi dalam emas fisik, ada pilihan untuk membeli logam mulia atau membeli perak melalui produk keuangan yang berbeda. Dalam hal ini, komoditas umumnya akan menjadi aset dasar untuk berinvestasi.

Alternatif untuk berinvestasi emas melalui produk keuangan

Berinvestasi dalam ETF emas

ETF emas telah menjadi alternatif emas fisik bagi investor yang lebih fokus pada jangka pendek. Dana pertukaran emas mencoba meniru perilaku emas di pasar komoditas. Ini adalah salah satu cara paling handal untuk berinvestasi emas tanpa membeli logamnya.

Dana investasi yang diinvestasikan dalam emas

Dana investasi emas berinvestasi dalam emas dan segala sesuatu yang berhubungan dengan pasar emas. Agar kamu lebih memahami, fund manager akan membeli saham pertambangan dan bisnis lain di bidang ekstraksi bijih, dapat berinvestasi di ETF dan derivatif lainnya dan secara umum akan sedikit banyak terkait dengan harga emas, tetapi tidak akan menirunya .secara langsung.

Pada kenyataannya, ini adalah alternatif yang lebih beragam untuk investasi langsung dalam emas, meskipun semuanya tergantung pada tujuan yang telah kamu tentukan. Dan apakah dana investasi yang diinvestasikan dalam emas ini tidak memiliki profil aset safe-haven seperti yang dimiliki emas fisik, secara teori.

Cara membeli emas fisik

Masing-masing emas fisik ini memiliki khas tersendiri. Berikut ringkasan singkatnya:

Koin emas

Nilai dalam hal ini adalah dua kali lipat. Di satu sisi, emas yang digunakan untuk membuat mata uang dinilai kembali (dalam hal ini persentase logam sangat penting) dan di sisi lain, dengan nilai numismatik koin itu sendiri.

Setiap koin memiliki nilai dan harganya sendiri. Untuk persentase emas yang dimilikinya dan untuk apa menandai pasar pengumpul koin emas.

Perhiasan

Berinvestasi dalam perhiasan emas adalah alternatif yang mirip dengan numismatik. Masalah besar dengan perhiasan adalah bahwa nilainya tidak selalu berbanding lurus dengan emas. Selain itu, di sini akan tergantung pada proporsi logam yang mereka sertakan dan kualitasnya. Emas 24 karat tidak sama dengan emas 18 karat.

Emas fisik dengan emas dan perak batangan

Ini adalah opsi yang paling umum di bagian ini dan sampai batas tertentu yang paling direkomendasikan. Ini pada dasarnya terdiri dari membeli emas atau perak untuk menyimpannya dan menjualnya ketika saatnya tiba.

Masalah besar dengan berinvestasi dalam emas fisik adalah penyimpanannya, terutama dalam hal emas batangan. Dan itu tergantung pada potongannya (biasanya memiliki 31.1034768 gram) nilainya akan melebihi 6.000 euro untuk emas batangan dan 250 euro untuk batangan perak yang lebih murah. Jika kami memiliki uang itu di rumah, kamu pasti akan menyembunyikannya dengan baik dan tidak semua di satu tempat. kamu harus melakukan hal yang sama dengan emas batangan dan batangan perak.

Salah satu keuntungan berinvestasi emas fisik adalah investasi emas bebas PPN. Ini berlaku untuk emas batangan, yang bila dianggap sebagai investasi tidak akan dikenakan PPN, begitu pula dana investasi, ETF, atau instrumen keuangan lainnya. Pengecualian ini tidak berlaku, misalnya, untuk pembelian koin emas atau perhiasan perak dan emas. Produk-produk ini akan dikenakan pajak dengan PPN yang sesuai sebesar 21% atau dengan Pajak Transfer Properti jika diperoleh di pasar barang bekas.

Apakah ini saat yang tepat untuk berinvestasi emas?

Emas memiliki komponen siklus yang jelas. Ini berkinerja lebih baik dalam periode inflasi tinggi atau ketika dolar terdepresiasi. Dengan cara yang sama, ia juga cenderung naik ketika ada ketakutan akan resesi atau stagnasi ekonomi, serta ketika ada penurunan tajam di pasar saham.

Hal yang sama terjadi sepanjang tahun, ada bulan-bulan di mana harga emas naik dan ada bulan-bulan di mana harga emas turun. Dengan kata lain, lebih baik membeli emas pada satu waktu dalam setahun daripada yang lain.

Harga emas biasanya lebih tinggi pada saat ketidakpastian ekonomi, tetapi lebih rendah ketika ekonomi berjalan dengan baik atau dalam periode dolar yang kuat. Untuk alasan ini, resesi di mana seluruh dunia tahun lalu sebagai akibat dari pandemi, menyebabkan, selain faktor musiman, emas meroket dan mencapai tertinggi sepanjang masa.

Berapa nilai emas?

Apa yang ditentukan pasar pada saat itu. Sesederhana itu dan sesulit itu pada saat yang bersamaan. Seperti aset apa pun, emas akan bernilai sebanyak yang bersedia dibayar seseorang untuk itu. Agar kamu lebih memahaminya, segera setelah hasil pemungutan suara tentang Brexit diketahui, permintaan emas melonjak dan dengan itu nilainya. Dan itulah yang terjadi pada tahun 2020: sejak penyebaran virus corona menyebar ke luar China dan melanda Eropa dan seluruh bumi ini, nilai emas secara bertahap meningkat. Emas memiliki nilai sebagai aset safe haven dan harga yang bervariasi sesuai dengan indikasi pasar.

Apakah investasi emas menguntungkan?

Ini adalah pertanyaan jutaan dolar dan pertanyaan yang terus membuat banyak penabung pemula memikirkan emas sebagai solusi untuk investasi mereka. Grafik yang telah kita lihat di bagian sebelumnya menunjukkan profitabilitas yang ditawarkan oleh emas tergantung pada saat kamu membelinya.

Sebagai contoh, jika kita membeli satu ons emas setahun yang lalu, kita akan memperoleh sekitar $400 (lebih dari 30%). Dalam periode 5 tahun kami akan mendapatkan lebih dari $ 800 (80%). Jelas, dalam jangka pendek dan menengah, keuntungan sekarang lebih tinggi karena pada tahun lalu emas telah meningkat banyak. Meski begitu, untuk jangka waktu 20 tahun, hal-hal terus meroket: di sana keuntungannya akan lebih dari 1.700 dolar!

Pada akhirnya, profitabilitas berinvestasi emas akan tergantung pada faktor-faktor seperti waktu pembelian dan penjualan, terutama jika kita tidak membeli emas fisik. Pada akhirnya, tidak masalah jika emas telah naik 10% dalam setahun jika kita membeli tepat pada saat tertinggi, tetapi kita menjual setelah 4 bulan ketika telah turun 5%.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel