-->

5 Tips Menabung Rutin

5 Tips Menabung Rutin

Kita semua tahu bahwa yang namanya nabung ini penting banget guys. Tetapi kadang-kadang godaan itu banyak banget kan diluar sana yang membuat kita jadi sulit nabung. Nah hari ini catatan baru akan coba bagikan beberapa tips dan trik gimana caranya yang bikin kamu bisa otomatis nabung atau dalam  tanda kutip terpaksa nabung.

Kenapa kita penting untuk nabung? kelihatannya seperti hal yang sepele. Tetapi dengan memiliki kebiasaan atau habit nabung ini membuat kita memiliki perencanaan keuangan yang lebih baik, dan dengan uang yang sudah kita tabung bila seluruh jumlahnya sudah mencukupi kita suatu hari bisa  menginvestasikan uang kita ke komponen-komponen lain atau alat-alat investasi lain yang lebih  menguntungkan. Jadi oke banget kan kita harus banget untuk menabung.

Saving Auto Pilot

Ada beberapa bank yang menawarkan untuk menarik tabungan kamu secara khusus setiap tanggal tertentu dan lalu dimasukkan ke suatu tabungan lain yang punya bunga yang biasa lebih besar.  Ya ada yang menyebutnya Dreamsaver, ada yang dalam bentuk tabungan pendidikan, asuransi masa  depan ya biasanya itu itu. 

Biasanya itu ada satu goal, satu tujuan yang perlu kamu capai. Misalnya tujuan tugas kamu adalah untuk menyiapkan pendidikan anak-anak kalau kamu sudah berkeluarga atau tujuan pendidikan tujuan menabungnya ini untuk berlibur.

Nah yang dilakukan oleh bank ini adalah membantu kita setiap bulan pada tanggal tertentu. Saya menyarankan di tanggal ketika kamu gajian. Misalnya kamu gajian tanggal 30. Jadi setiap tanggal 30 begitu uang masuk atau ditransfer dari perusahaan atau kantor tempat kamu bekerja, uang itu sudah diambil sejumlah tertentu oleh bank.

Secara otomatis ditabungkan ke tabungan yang berbeda dan jumlahnya itu bagusnya itu bervariasi dan bisa dimulai dari jumlah yang sangat kecil, misalnya dengan 100 ribu, 250 ribu itu bisa mulai dilakukan dan   mulai membuat habit menabung kamu itu ditumbuhkan  di dalam diri.

Recehan

Nah kamu pernah dong kadang-kadang kita menerima duit recehan kalau belanja. Ya belanja di Swalayan misalnya belanja di Indomaret kadang-kadang kembalian kembalian kecil  500 rupiah atau 1.000. Atau kalau uang kertas sampai 2.000, kadang 5.000.  

Biasakan untuk tidak menyepelekan  uang kecil ini, tapi kita bikin satu habit punya  punya celengan kecil jadi balik kemasa lalu guys. Tapi efek banget oh my celengan kecil dimana setiap hari nih kalau kamu udah pulang kamu kosong itu dompet tas gitu ya, kalau cowok biasanya saku celana kalau ada duit recehan dimasukin ke situ. 

Istilah kata seperti kan kita biasakan buahnya itu duit recehan kayak kita mau kasih ke orang atau apa ya. Kali ini kita kumpulin yang namanya sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Jadi kalau kamu membiasakan hal ini satu hari mungkin setahun dari sekarang tiba-tiba celeng kamu udah Gendut.

Pas kamu bongkar dan kamu itung jumlah bisa lumayan loh guys, dan kalau emang udah ada duitnya  jangan dipakai lagi untuk belanja ingat tapi disimpan untuk tabungan-tabungan masa depan ya.

Kendalikan Kartu Kredit

Terutama  kamu yang sudah dewasa dan udah punya kartu kredit. Kalau kita pakai kartu kredit itu enggak berasa. Nah ini penyakit banyak orang. Aue juga dulu begitu. Jadi aku ngaku dulu.

Nah kalau kamu memang udah niat banget nabung. Apalagi kamu tipe yang kurang  bisa mengendalikan diri dalam memakai kartu kredit ini boleh banget kamu coba. Coba disimpan semua kartu kredit di rumah ya, dan kamu jalan ke mana-mana hanya pakai cash only.

Jadi kamu hanya membayar segala sesuatu dengan cash. Memang sih ribet guys, aku tahu.

Kemudian kamu juga jangan menyimpan semua uang kamu di satu kartu debit. Tetapi kamu pisahin, dalam arti ini loh yang untuk pengeluaran saya rekeningnya berbeda dan ATMnya juga jenisnya berbeda.

Ya seperti itu kamu cuma boleh habiskan sejauh jumlah yang ada di kartu debit atau kamu cuma boleh habiskan sejauh yang ada dompet kamu. Seperti biasa sebelum melakukan itu dibudget dulu ya guys dan setiap pengeluaran dicatat dengan cara melakukan cash only. 

Kamu jadi tahu persis berapa banyak sebagai pengeluaran kamu Dan kalau kita properties seringkali kita jadi menahan diri iya ya saya sudah kebanyakan nih. Jadi waktunya menahan diri.

Jadi kita tidak kebablasan membelanjakan lebih. Daripada yang kita mampu bayar atau membelanjakan lebih dari yang sudah kita budgetkan di awal.

Mengatur Kalau Dapat Bonus atau Komisi 

Kadang-kadang kan nih kalau kamu  kerja di perusahaan atau bahkan kamu punya usaha sendiri. Kadang-kadang kita dapat rezeki lebih nah rezeki yang lebih ini kalau dia lebih daripada budget kita. Misalnya kamu membuat budget untuk 5 juta per bulan. Nah kali ini kamu dapat uang 2 juta tambahan atau bahkan kalau dapat THR berapa juta lagi tuh.

Nah jangan pernah tergoda untuk langsung habiskan uang yang kamu dapatkan dari bonus atau komisi itu. Bonus atau komisi itu sendiri juga perlu dibudgetkan terpisah dan saya sarankan di budgetkannya itu berbeda. 

Caranya dengan yang penghasilannya kamu biasa terima. Misalnya kalau biasanya kamu terima gaji lalu kamu budget kan menabung hanya 10% , tapi bonus kamu boleh loh di bajakan untuk ditabung 50%. Sehingga 50% lagi kamu bisa kamu bisa belanjakan hal-hal yang lainnya.

Ini adalah tps untuk menabungnya banyak orang nggak sadar terima duit main ngabisin. Padahal itu adalah duit yang sangat berharga sekali yang bisa kita manfaatkan untuk menambah pundi-pundi tabungan kita dan  satu hari bisa kita investasikan lebih baik.  

satu lagi nih guys, tapi ini benar-benar perlu disiplin diri yang ketat banget, yaitu itu no spending challenge. Jadi buat kegiatan menabung ini  menjadi sesuatu yang fun, yang menyenangkan.

Salah satunya adalah mengadakan challenge atau kamu bikin sendiri deh kalau emang gada atau kalau  memang ada kamu bisa sama teman-teman atau grup. Boleh banget ini dicoba no spending challenge ini, artinya lu tetapin kamu tetapin misalnya bulan ini saya berjanji tidak akan mengeluarkan uang untuk hal-hal yang tidak perlu.

Atau misalnya aku bener-bener ngurangin semua biaya Entertainmen, biaya hangout, biaya belanja baju kurangin.

Caranya gimana. Nah 1 kamu hindarin deh mall. Jadi kita menghindari tempat-tempat yang bisa menggoda kita, lalu juga kedua misalnya kamu harus kreatif sendiri ya mulai mulai belajar masak sendiri. Kalau biasanya aku suka makan spaghetti di luar sekarang. Coba deh caranya  bikin spaghetti di rumah itu seperti apa. Siapa tahu malah bisa jadi usaha baru kalau nanti masakannya enak.

Jadi make yourself A change yourself in fun Way make a game. Untuk membuat kamu jadi lebih bersemangat nabung dan kalau bisa ajak temen-temen kamu jadi bisa saling lomba nanti pemenang lomba kau bisa tentukan sesuatu yang menarik dan yang membuat kamu lebih bersemangat untuk menabung lebih banyak. 

Belajar Investasi di Bidang Lain  

Jadi di jenis-jenis tabungan yang istilah  kata lebih susah nih untuk tangan gatal gatal untuk kocok-kocok ya. Apa aja misalnya nih kalau sekarang ini ada deposito tapi deposito. Biasanya di bank-bank tertentu harus 10 juta. Ya harus 10  juta kalau enggak salah. 

Tetapi ada juga instrumen investasi yang lain. Misalnya seperti obligasi.

Nah jadi coba convert tabungan kamu gimana tabungan ini bisa menghasilkan tetapi kamu nggak  bisa apa-apain.Pokoknya uang itu kamu nggak bisa apa- apain sehingga kamu  bisa dalam jangka panjang mendapatkan hasil yang lumayan banget guys dan tabungan kamu tetap utuh. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel