-->

5 Cara Mengatur keuangan agar tidak Boros

5 Cara Mengatur keuangan agar tidak Boros

Pada kesempatan ini catatan baru mau ngomongin tentang Gimana caranya minimalis menggunakan uang. Jadi udah beberapa bulan belakangan ini aku itu mengadaptasi gaya hidup minimalis dan aku suka. 

Soalnya itu kayak aku rasa cocok dengan kehidupan aku dan sejak aku hidup minimalis kayak itu mengurangi rasa Stres aku dan kayak kepikiran segala macam hal. Karena ya sesuai dengan namanya minimal jadi kita hidup tuh yang minimal gitu. 

Nah dengan gaya hidup minimalis ini juga aku tuh merasa banget keuntungan di bidang keuangan. Karena aku jadi banyak pertimbangan sebelum membeli barang. Karena di hidup minimalis itu enggak semuanya kita sembarangan beli. Tapi kita bener-bener membeli barang yang kita butuhkan. Tapi bukan berarti kalau kita jadi seorang minimalis itu menggunakan uang sedikit-sedikitnya, bukan. Tapi kalau kita menjadi seorang minimalis itu menggunakan uang dengan penuh pertimbangan. 

Jadi hari ini aku akan sharing dimana cara aku sebagai minimalis dalam menggunakan uang.

Belanja dengan Tujuan 

Jadi sejak aku menjadi seorang minimalis aku itu beda banget. Dari aku yang dulu jadi biasanyasuka membeli barang ya apa yang aku lihat. Misal aku suka baju langsung aku beli. Tapi sekarang aku tuh penuh pertimbangan untuk membeli baju atau barang-barang lain. 

Aku itu udah jarang banget beli yang namanya baju-baju trendy, sepatu trendy atau gadget yang terbaru. Pokoknya barang-barang apapun. Bahkan dalam belanja pun ke aku benar-benar mikir bahwa barang yang aku beli ini nanti bakal kepake atau enggak.

Karena kebanyakan dari kita itu belanja dengan penuh alasan atau belanja itu merupakan suatu kebutuhan buat kita. Contohnya banyak dari kita yang, Oke aku belanja karena aku harus dapat benda itu, karena idvet, karena aku berhak dapat benda itu. 

Padahal kalau pikir-pikir kita itu nggak perlu barang-barang itu contohnya. Gadget untuk kita ngikutin perkembangan. Jadi konsepnya aku mikir handphoneku yang sekarang masih bagus kok, untuk apa beli lagi.

Nah salah satu tips dari aku kalau kita mau belanja atau mau beli barang-barang, aku akan mikir atau akan tahan dulu paling satu hari aja. Aku tahu saat datang atau melihat suatu barang dan kita pengen banget itu bisa saja barang tersebut nantinya tidak akan terbapai, hanya dibeli saja.

Untuk itu aku enggak langsung membeli barang tersebut. Tapi aku bisa pulang lalu akan pikir dulu apa aku benar-benar butuh barang itu atau enggak. Kalau enggak ya akhirnya sadar bahwa sebenarnya kita itu dan itu cuman keinginan sesaat doang. Karena ya emang namanya di toko itu ia akan dipajang tuh bagus banget. 

Catat Pengeluaran 

Ketika kita punya budget nggak perlu ribet ribet yang penting kita tahu kemana uang kita pergi. Nah yang pertama untuk budget ini adalah kita harus catat semua pengeluaran kita. Setelah kita catat minimal satu bulan, Ayo kita buat kategori dari setiap pengeluaran kita. 

Untuk kategori yang gampang aku saranin buat briefing dan surfing. Oke next yang ketiga baru kita buat budgeting sesuai dengan pengeluaran yang kita lakukan. Karena biasanya budgeting itu adalah karena kita buat budget tapi enggak sesuai dengan pengeluaran kita.

Kurangin Kredit

Next yang ketiga adalah jangan menumpuk kredit. Kredit apa aja ya, mau dari credit card atau minjem duit ke temen pokoknya kredit atau hutang ataupun itu. Jadi aku suka banget dengan hidup free atau bebas kredit. Karena kredit itu hutang dan hutang itu dibawa mati.

Jadi aku nggak suka hutang. Nah kalau misal kita punya credit card gimana. Enggak masalah Aku bukan orang yang against kredit karena jujur aku juga pengennya credit card. Tapi kita harus bijak dalam menggunakan credit card. 

Jadi sebagai seorang minimalis itu kita jangan menambah, karena banyak dari kita yang punya multipel credit card. Jadi berikutnya bisa ada buat 3/5. Nah itu gak disaranin banget, karena credit card itu menambah biaya pengeluaran kita bukan. Nantinya kita kena bunga, karena itu caranya mereka dapat uang. Jadi sebisa mungkin lebih baik kita menabung.

Dana Emergency

Sebaiknya kita punya namanya dana emergency. Jadi dana emergency ini adalah dana yang kita Kumpulkan dan akan kita pakai kalau memang benar-benar ada keadaan emergency. Jadi enggak bisa kayak kita emergency misalnya kita kayak ada undangan terus kita pakai baju dress code nya misalnya biru tosca terus punya emergency mukanya bukan kayak gitu. 

Tapi emergency adalah dana yang dikeluarkan saat keadaan urgent banget. Nah untuk dana emergency ini macam-macam sih jumlahnya tapi pribadi aku menyimpan lima kali gaji aku. Kenapa sih kita harus ada dana emergency, karena hidup kita bisa diprediksikan.

Contohnya aja kayak tahun 2021 Ini siapa sih yang tahu bahwa karena virus ini akan terjadi dan sepanjang ini. oke juga 2021 ini kita cuman punya khusus untuk aku ya yang tinggal di Philippines kayak hidup kita tuh baru tiga bulan januari-februari dan Maret. Karena sejak Maret itu udah start Lockdown sampai hari ini jadi wujud sepanjang tahun 2021.

Di masa ini banyak terjadi bencana ya bencana secara ekonomi. Banyak orang yang gajinya dipotong, banyak orang yang nggak bisa bekerja lagi jadi. Jadi kita harus mikir seandainya kita nggak punya pekerjaan juga itu masih bisa hidup untuk 3/5 bulan kedepan. 

Dana Pensiun

Dana pensiun ini adalah dana yang jangka panjang banget. Jadi aku saranin untuk kita simpan dana pensiun itu diinvestasi. Aku jujur juga baru mulai investasi dan baru belajar, tapi aku mengkoreksi untuk teman-teman semua untuk belajar cara investasi. 

Karena semakin cepat kita mulai semakin baik dan dana pensiun ini bukan ngomongin uang ya 1/5 tahun. Tapi buat aku dana pensiun ku itu adalah 25-30 tahun kedepan. Jadi kalau kita taruh di bank biasa atau di tabungan biasa itu bunganya itu sangat kecil. Tapi kalau ditaruh di investasi itu bunga jauh lebih besar. 

Oke jadi gitu aja tipsk hari ini tentang Gimana caranya seorang minimalis gandakan uang. Aku harap artikel ini bisa membantu kalian atau menginspirasi kalian dalam menggunakan uang atau menginspirasi tentang kehidupan minimalis.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel