-->

5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi dengan Gaji Kecil

Hari ini catatan baru mau sharing lima cara mudah atur bugeting untuk pemula. Tetapi aku harus kasih tahu dulu kalau aku itu bukan financial expert. Aku mau share aja gimana cara budgeting yang aku lakuin. Karena jujur udah beberapa kali aku ngelakuin budgeting dan gagal. 

Nah siapa tahu dari kalian masih ada yang sampai sekarang belum tahu atau belum nemuin cara yang cocok untuk budgeting. Siapa tahu caranya ngelakuin ini cocok sama kalian. 

Catat Semua Pengeluaran

Cara yang pertama adalah catat semua pengeluaran kalian minimal 1 bulan. Jadi tujuannya adalah supaya kita mengatur budget sesuai dengan kenyataan. Karena jujur beberapa kali setelah aku sadar kenapa aku terus gagal dalam budgeting itu karena aku bikin budget itu kayak imajinasi dan itu yang bikin aku gagal. 

Jadi kalau aku akhirnya dengan mencatat pengeluaran aku semuanya selama minimal satu bulan dan di bulan depannya mengatur budget dari pengeluaran itu gitu bener-bener memberikan dampak yang besar.

Bikin Kategori Setiap Pengeluaran

Kedua adalah kita bikin kategori dari setiap pengeluaran kita. Setelah kita catat semua pengeluaran kita. Kemudian kasih kategori di masing-masing pengeluaran itu. Kalau aku saranin untuk pertama kali budgeting atau baru pertama kali mencoba cara ini. Aku saranin kita bagi tiga kategori aja dulu yang paling gampang yaitu climbing, saving dan Flying. Setelah itu kalian tinggal hitung jumlah dari setiap kategori. 

Jujur Sama Diri Sendiri 

Kenapa sih harus jujur? Soalnya biasa kita itu pasti bohong. Ya akupun melakukan hal yang sama kayak pas aku ngelihat pengeluaran aku kayak gitu. Enakan yg belum budgeting masih nggak perlu mikir untuk membeli apapun. Tapi pas mau budgeting itu kayak ternyata aku tuh uangnya aku pakai untuk main-main sebanyak itu. 

Tetapi yang lalu biarlah berlalu, Tapi kita harus lakuin adalah budgeting. Jangan bohong kan tadi aku bilang. Bikin sesuai dengan pengeluaran. Kalau memang kita belum ada saving, belum bisa setting di pengeluaran sebelumnya. Yaudah untuk seperti yang pertama kali aku lakuin yaitu climbing dan saving.

Kita bisa coba turunin dulu dan kita bisa terbiasa dulu aja deh nyatet nyatet sama semua pengeluaran kita. Karena jujur untuk hal-hal budgeting atau kalian yang belum pernah budgeting sama sekali, nyatanya pengeluaran susah untuk diatur.

Kayak nanti aja, Nanti nanti aja. Sampai sekarang aja aku jujur ya kalau aku nggak catet akan lupa.

Tingkatkan Pelan-Pelan

Jadi kalau kamu sudah mulai terbiasa sama budgeting. Setelah itu baru kita bisa tingkatin pelan-pelan. Jadi lebih baik sedikit daripada tidak sama sekali. Misalnya contoh kalian dalam satu bulan ngabisin untuk living kalian itu tiga juta. Coba lihat Misalnya tiga juta itu bisa turun gak, bisa nego nggak. Jadi misalnya dari living tiga juta jadi 2 juta 900 dengan cara mengurangi pembelian barang yang tidak terlalu kamu butuhkan.

Move On 

Aku dulu budgeting kek perfectionist. Sok perfeksionis gak bisa lepas aku lakuin. Budgeting terus habis itu ending Balance. Yang aku catet enggak sama dengan ending balanced di kenyataan. Saran aku udah move on nggak usah pusing sama kegiatan atau barang yang nggak diperlukan.

Oke jadi gitu aja 5 tips budgeting untuk pemula dari aku. Sekali lagi ini cuma sharing aja berdasarkan pengalaman aku. Tapi mudah-mudahan ada dari kalian yang cocok sama cara ini untuk memulai budgeting.

Terutama karena mulai aja dulu, Enggak usah nunggu-nunggu. Mulai sekarang. Salah itu belakangan, karena kita bisa pelajarin atau kita bisa lakukan lebih baik lagi kedepannya.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel