-->

10 Cara Nabung Agar Cepat Kaya

10 Cara Nabung Agar Cepat Kaya

Jadi hari ini catatan baru mau sharing kebiasaan buruk dalam menggunakan uang yang perlu kita stop. Tapi pertama disclaimer dulu karena aku suka lupa disclaimer. Jadi aku itu bukan financial expert, aku juga bukan dari sekolah keuangan. Tapi seenggaknya aku expert dalam budgeting atau keuangan publik. 

Jadi Ayo kita langsung aja masuk dalam pembahasannya.

Menabung di Bank dengan Biaya Admin yang Besar 

Jadi kebiasaan yang pertama adalah menabung di bank dengan biaya admin yang besar. Terutama mungkin buat kalian yang punya beberapa account di berbeda Bank. Tapi kayak aku pribadi di sini sebelumnya aku punya dua bank di Filipina. Jadi satu itu pribadi personal, yang satunya itu dari kantor. 

Tapi setelah beberapa lama akhirnya aku baru sadar bahwa si Bank pribadi aku ini itu dia setiap bulannya bisa naik sekitar Rp100.000. kalau misalnya kita nabung disitu, setiap bulan akan dipotong lagi.

Jadi sejak sadar hal itu dan nggak ada potongan admin dari sibank tersebut. Jadi aku putuskan untuk udah aku cuman pakai 1 rekening bank aja yaitu rekening kantor. Dimana aku terima gaji dari kantor. 

Jadi buat kalian yang punya beberapa rekening di bank yang berbeda. Coba kalian lihat lagi, kalau memungkinkan bisa kalian tutup aja bank-bank yang enggak Kalian pakai. Kalau misalnya Bank yang biaya adminnya itu besar.

Tidak Merencanakan Uang 

Next kebiasaan yang perlu kita stop yang kedua adalah tidak merencanakan uang kita. Jadi aku sangat menyarankan untuk mulai merencanakan keuangan. Karena setiap uang kita, perak 100 Perak itu harus punya tujuan. Karena kalau enggak punya tujuan uang itu kita enggak tau kemana Dan kita baru menyesal diakhir bulan. 

Belum juga nyampe akhir bulan kita udah merasa uang kita hilang gak tahu kemana. Padahal itu sebagai kesalahan kita sendiri. Jadi buat kalian yang belum pernah budget, ingat kalau misalnya baru mulai budgeting kalian bisa checklist budget. 

Being Yourself

Jadi kalau misalnya kalian belum tahu, intinya being yourself. first adalah kita menabung untuk diri kita di masa dekat ini berhubungan banget dengan namanya Parkinson slow, kalau misal kalian belum tahu aku akan kasih tahu tapi daripada aku ngomongnya salah-salah jadi kita akan cari artinya di Google. Menurut Wikipedia Bahasa Indonesia Itu adalah sebuah teori yang menjelaskan pekerjaan berkembang sedemikian rupa agar waktu yang tersedia untuk menyelesaikannya terpenuhi. 

Intinya kita akan memenuhi kebutuhan hidup kita dulu. Sisanya baru kita tabung. Kalau gak ada sisa coba kita mulai ganti kebiasaan kita yang nabung dari uang sisa. Tapi kita beralih untuk nabung terlebih dahulu baru kita hidup dari sisa uangnya. 

Berhenti Membeli Barang Secara Tiba-Tiba

Tips keempat yang perlu kita stop dan menggunakan uang adalah impulsif shopping atau membeli barang secara tiba-tiba. Aku enggak sempurna, juga aku masih sering jatuh dalam jebakan ini. Tapi aku balik lagi berdiri, Aku berusaha membuat lebih kuat lagi imanku untuk enggak impuls shopping. 

Kayak dulu sering banget pergi ke mal yang sebenarnya kita enggak ada niat mau beli baju atau sepatu. Tapi karena misalnya lagi diskon atau kita lihat itu dipajang lucu, akhirnya kita beli.

Kebiasaan ini harus dihentikan kalau misalnya kita mau menggunakan uang kita dengan lebih baik dan bijak lagi. 

Stop Pop and You Subscription

Kebiasaan yang kelima Yang perlu kita stop adalah pop and you subscription. Jadi berhenti bayar hal-hal yang gak kalian butuhkan. Contoh gym membership. Jadi banyak banget kayak kita termasuk aku dulu setiap tahun mau awal tahun itu kayak aku daftar gym karena dengan alasan Oke 2020 kurus 2020 lebih sehat, yang akhirnya cuma dipakai 1 bulan. Pertama dan setelah itu kayak uangku terbuang dengan sia-sia. 

Menunda untuk Nabung

Next kebiasaan yang keenam yang perlu kita hindari adalah waiting to start Shaving atau kita menunda untuk nabung. Kenapa sih? aku tahu itu susah karena itu susah. Kita harus belajar, terus melatih diri kita untuk membiasakan menabung. 

Maka jangan langsung pikir yang gede dananya. Kayak misalnya untuk pensiun untuk beli mobil, rumah. Jangan, karena itu kayak kita mengatur gold yang enggak bisa kita capai. Tapi bikin diri kita punya gol yang achievable dulu. Dimana itu akan membuat kita merasa. Oh aku bisa nih nyampe gol ini Oke next gol yang level 2, lebih tinggi lagi Oke kita bisa nih level 2, Oke kasih gol level 3. Jadi itu yang akan membangun diri kita dengan kebiasaan menabung kalian. 

Mungkin kalian udah tahu tentang emergency saving. Tapi aku juga suka terima pertanyaan tentang emergency saving dan ini adalah salah satu jenis tabungan yang aku saranin. Jadi prioritas nomor satu. 

Ibaratnya kalau misal kayak kalian nanya aku punya dana tabungan nggak ada tujuannya boleh nggak dipakai untuk DP rumah, boleh dipakai untuk beli mobil. Kalau aku akan jawab kalau misalnya kalian udah punya emergency saving boleh-boleh aja. 

Toh itu dan akan tabungan nggak ada tujuannya. Karena kesal bila nomor satu setiap tabungan harus ada tujuan. Kalau saya udah punya emergency saving Yaudah pakai aja untuk beli mobil. That come enggak punya pakai dulu untuk emergency saving. 

Kedua pertanyaannya adalah berapa emergency saving kita. Menurut orang-orang juga financialexpress standarnya emergency saving itu adalah enam kali pengeluaran vital kita. Pengeluaran vital adalah pengeluaran untuk bertahan hidup. 

Artinya adalah bener-bener pengeluaran yang sangat-sangat penting. Bukan yang enggak penting seperti untuk beli jajan jajan nggak penting, nonton. 

Mulai Investasi

Nomor 7 Kita harus mulai investasi sekarang. Tapi harus balik lagi nih aku harus kasih penjelasan lagi. Maksudnya jangan pakai uang tabungan untuk investasi. Karena apa? investasi itu uang yang enggak kepakai.

Kalau misalnya urutin gitu ya kita gajian ambil uang untuk tabungan, emergency saving. Kalau misalnya ada lagi kita bisa nabung. dan terakhir baru kita ambil uang untuk keperluan hidup kita. Ternyata diakhir bulan kita punya sisa dari uang hidup kita itu. 

Itulah uang yang bisa kalian pakai untuk investasi. Tipsnya adalah jangan pernah investasi di hal yang kalian gak ngerti. Misalnya sekarang aku nggak ngerti crypto, tapi suamiku dia Coba itu, karena dia memang lebih berani. 

Kalau aku nggak berani, aku orangnya tuh takut panik. Semuanya serba emosional, jadi aku enggak taruh disitu. Aku taruh yang pasti-pasti aja. Aku tuh seneng lihat grafik tunaiqq jadi aku taruh di hal yang lebih pasti yaitu di pasar uang karena itu udah pasti naik. 

Walaupun kecil aku sekarang aja masa bawa nyesel banget aku nggak belajarnya dari lima tahun yang lalu. Jadi kalian bisa coba untuk investasi dari yang kecil aja dan jangan yang susah-susah, jangan yang kalian gatau.

Nggak Punya Credit Card

Aku nggak punya kartu kredit dan aku kayaknya enggak mau juga punya credit card. Karena itu adalah hutang. Tapi kalau orangnya itu emang udah dewasa secara uang menurut aku nggak masalah karena itu  tergantung cara kita menggunakan uang.

Tapi kalau kita belum dewasa dan belum bisa mengatur uang kita. Ada loh orang yang merasa creditcard itu adalah backup lainnya dia. Kalau misal terjadi apa-apa misalnya gue sama aja nih God investasi jadi biar nyambung. Ceritanya gua ntar aja nih decrypto karena kalau misalnya terjadi apa-apa gua butuh dana untuk Rumah Sakit ataukah ada kredit laptop no no no no no enggak enggak itu enggak kayak gitu ya. Aku sama sekali tidak mendukung itu karena credit card itu bukan backup plan. 

Intinya adalah lebih baik kita punya makanya Dana emergency. Yang kedua kita punya tabungan. Aku selalu bilang bahwa kalau kita mau sesuatu usahain nabung dulu. Tapi ada juga orang-orang bilang aku kredit untuk buka usaha. Hai aku kredit untuk beli rumah kaya beli mobil karena mobilnya untuk usaha balik, enggak masalah menurut aku. 

Selama kredit itu dipakai untuk hal yang baik, jadi bukan untuk hal-hal yang dipamerkan ke teman-teman, dipamerkan melalui sosial media, itu baru aneh menurutku. karena lu ngutang tapi pamer punya ini punya itu.

Ignoring You're Dead

ke-9 yang harus kalian hindari adalaj ignoring you're dead atau ah lupa punya kredit. Sebenarnya mungkin lupa ya pasti pura-pura lupa, jangan pura-pura lupa Atau meninggalkan hutang kalian. Utang di bawah mati. 

Makanya kalau misal kita berhutang kita harus punya rencana gimana cara kita membayarnya. Berapa lama kita membayar, itu harus sudah ada secara rinci. Kalau saranin aku buat kalian yang punya hutang nomor satu lunasin hutang dulu.  Jadi itu harus prioritas yang besar. Yang kedua adalah tabungannya uang yang dibayarkan untuk hutang harus lebih besar dari jumlah tabungan kalian. 

Emotional Shopping

Nomor 10 adalah emotional shopping. tahulah emosional shopping. Misal aku berhak dapet ini karena aku lagi sedih. Kalau kita kayak gitu terus itu akan jadi alasan untuk kita hambur-hamburkan uang kita. Kalau Thamrin uang ya kita akan makin jauh dari facial gold kita jadi kita harus Stop this emosional shopping. 

Belvita Stop

Terakhir belvita stop dalam ruang kita yaitu adalah think about with extensive friends. Iya stop stop just hope. Kami, saya, kalian tahu kalian gak punya budgetnya untuk nongkrong untuk brunch brunch di cafe. Iya enggak usah hangout sama orang itu. Bilang aja sorry tapi aku nih nggak ada budget-nya karena aku lagi main financial gold. 

Kalau misalnya temen yang baik itu Justru malah menguatkan menyemangati kalian untuk mencapai hal itu, gitu jus mereka ada juga oke. Jadi kalau misalnya teman kita itu punya selera yang mahal dan kita nggak sanggup ya udah nggak usah sok-sokan jadi balik lagi Kitty Thrill tetaplah jadi diri kalian sendiri.


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel