-->

7 Tips Mewujudkan Impian dan Cita-Cita

7 Tips Mewujudkan Impian dan Cita-Cita

Banyak sekali orang yang sudah nonton YouTube motivasi, film motivasi.Tetapi setelah itu apa yang harus dilakukan nggak ngerti harus mulai dari mana. Banyak sekali orang-orang yang punya mimpi tapi dia bingung harus mulai dari mana. 

Punya impian adalah saraf pertama, kalau kita ingin meraih apa yang kita cita-citakan. Jadi kita harus punya impian dulu. Kalau kita tidak punya impian bagaimana kita akan mancapai impian tersesbut. Untuk itu penting untuk kamu mengetahui apa impian kamu sebenarnya. Nah pada kesempatan ini catatan baru bakal share 7 cara mewujudkan mimpi.

Tuliskan Impian Kita

Yang pertama kita harus tuliskan impian kita, jangan cuma di kepala kita kita. Tuliskan dan kita visualisasikan. Karena dari 100 orang yang menuliskan impian mereka, ada 75% orang-orang yang bisa mewujudkan impian. 

Jadi menuliskan impian ini penting.Kenapa kita harus menuliskan impian kita? Karena yang namanya hidup itu kan pasti mengalami up, down, kegagalan, hinaan, cemoohan, penolakan dan semuanya pada saat kamu menuliskan impian dan saat kamu berada di titik terendah, kamu lihat lagi impian kamu. 

Saya ingin menghajikan orang tua saya, saya ingin beli rumah udah bosen di rumah kontrakan, saya ingin melamar anaknya orang secepatnya, saya ingin bebas uang, saya pengen travelling ke mana-mana. Kamu lihat impian itu lagi, akhirnya ada semangat lagi. Itulah pentingnya untuk menuliskan impian. 

Jadi kalau punya impian jangan cuman di dalam kepala. Kamu harus tuliskan. Bahkan kamu harus bisa memvisualisasikan. Misalnya kamu ingin suatu saat karena kamu masih tinggal di rumah kontrakan, kamu ingin suatu saat punya rumah di perumahan yang mewah. Untuk itu cari brosurnya, kamu lihat berapa harganya, berapa lama kamu bisa mewujudkan impian itu dan itu yang akan membuat kamu semangat untuk meraih impian. 

Pada saat kamu dalam kehidupan ini lagi jatuh, lagi mengalami titik terendah, lagi dihina orang, lagi ditinggali orang. kamu lihat lagi impian kamu yang sudah dituliskan, yang sudah kamu visualisasikan. Dari hal itu kamu bisa bangkit lagi, kamu semangat lagi, akhirnya kamu akan berkata. Ini hanyalah bumbu-bumbu dari kehidupan saya, impian saya harus tetap tercapai. Dan akhirnya kamu akan  semangat lagi. 

Apabila impian kamu terwujud satu demi satu. Misalnya kamu punya impian pengen umroh, terus tiba-tiba ada umroh itu ada di papan tulis pada saat kamu pulang umroh. Kamu ketawa, kamu centang umroh selesai. Kedua haji mungkin yang mau kamu kerjar, jadi ada kebanggaan, ada yang kamu bisa dapatkan dengan kamu menuliskan impian itu. 

Dengan kamu menuliskan, berarti kamu serius untuk mewujudkan impian tersebut. Kenapa harus ditulis juga biar kamu tahu bagaimana rasanya bersyukur. Pada saat misalnya impian kamu dari kecil nggak punya motor, dan kamu pengen punya motor. Kamu pengen punya handphone karena handphone kamu udah rusak. 

Dengan menuliskan impian kamu, pada saat kamu sudah sukses berat 5 tahun 10 tahun yang akan datang akhirnya kamu lihat lagi. Ya Allah Alhamdulillah saya pernah di titik itu, saya pernah di titik dimana makan saja susah, saya pernah di titik gimana orang-orang menjauhi saya. 

Bayangkan kalau kamu punya motor baru dan saat mendapatkan motor itu kamu ingat semua perjuangannya. Kenapa harus dituliskan juga biar itu semacam prasasti bukti kalau kamu pernah berjuang. 

Terlalu banyak faedah yang bisa kita dapatkan kalau kita menuliskan impian kita.Memang tidak semua impian kita bisa terlaksana, tapi tanpa impian kita tidak akan bisa ke mana-mana. 

Buat Prioritas 

Buat prioritas impian mana yang kamu ingin wujudkan. Setelah tadi kamu sudah tuliskan, kamu sudah visualisasikan. Sekarang tugas kamu adalah mengerucutkan atau memilah-milah mana impian yang harus diprioritaskan dulu. Mana yang kamu harus kejar dulu. 

Karena ada impian jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Misal dalam jangka pendek kamu ingin mengumrohkan orang tua kamu dulu, karena orang tua usianya sudah kepala 6. Nanti kalau nunggu sukses segala macam, nanti keburu orang tua kita tidak ada. 

Bermimpi itu gratis. Kalau kita takut bermimpi. Bagaimana kita bisa mewujudkan. Justru karena gratis tapi selaraskan dengan kerjanya, dengan doanya terhadap mimpinya. 

Percaya Diri 

Bagaimana orang bisa percaya kepada kamu kalau kamu tidak percaya dengan diri kamu sendiri. Kamu sudah punya impian, kamu sudah tulis, kamu sudah prioritaskan jangka pendek, jangka menengah, dan panjang. 

Tapi kalau kamu tidak percaya pada dirimu sendiri. Kamu nggak akan melangkah, kamu akan bingung dalam menentukan impian kita. Untuk itu pada saat kita mau melangkah, kita harus pede dengan apa yang kita lakukan. Kita harus pede dengan lingkungan sekitar kita, kita harus beda dengan langkah-langkah apa yang akan kita jalankan. 

Sekali lagi saya bilang, bagaimana orang bisa percaya dengan kita kalau kita tidak percaya dengan diri kita sendiri. Dengan kamu percaya dengan diri kamu sendiri. Akhirnya kamu bilang bismillah saya akan lakukan, saya akan menuju ke impian saya. 

Melakukan Evaluasi Secara Berkala

Kita ini cuma manusia biasa. Bukan malaikat yang sepenuhnya 100% benar. Percaya diri penting, tapi evaluasi juga harus kita lakukan secara berkala. Setelah kita lakukan evaluasi kita lakukan lagi, kita evaluasi, kita lakukan lagi, kita evaluasi lagi. 

Apalagi kalau kamu mengerjakan impian kamu bersama tim, kamu harus punya evaluasi. Dengan evaluasi kita akan tahu sejauh mana kita melangkah. Dengan evaluasi kita akan tahu sejauh apa yang sudah kita lakukan. Dengan evaluasi kita akan tahu mana yang tidak harus dilakukan dan mana yang harus dilakukan. dengan evaluasi kita bisa bercermin, kita bisa mengevaluasi yang kemarin dan menentukan langkah apa yang akan kita lakukan besok. 

Abaikan Pikiran dan Perkataan Negatif 

Ketika kamu punya mimpi besar orang-orang pasti akan ngetawain. Saya ingin jadi YouTubers ternama sedangkan subscribe kamu masih 2, kamu tidak punya fasilitas cuman punya handphone. Dari hal itu seseorang kanan kiri kamu bilang nggak mungkin lah kamu bisa menjadi youtuber terkenal.

Youtuber-youtuber besar seperti Atta halilintar yang lain-lain itu mulai dari 1 subscriber. Tidak ada orang besar orang yang sukses yang tidak memulai dari nol. Google, Apple, Microsoft itu mulai dari rumah kecil, mulai dari garasi.

Semua hal yang besar itu berawal dari hal kecil. 1000 langkah di depan itu diawali dari langkah pertama. Jadi kamu harus punya langkah pertama. Ketika kamu sudah punya langkah pertama ketika ada yang bilang kamu nggak mungkin jadi youtuber terkenal, abaikan perkataan itu, pakai kacamata kuda, fokus melangkah ke depan, karena itu yang lebih penting. 

Fokus 

Banyak sekali hal-hal yang akan mengganggu kefokusan. Untuk itu kamu harus fokus pada apa yang kamu kerjakan. Kalau kamu mau jadi youtuber. 1 subscriber, 2 subscriber, 3 subscriber, 1000 subscriber, 2000 subscriber 1 juta subscriber yang penting fokus. Memang tidak semua impian kita bisa terlaksana, tapi tanpa impian kita tidak akan ke mana-mana. 

Jangan Lupa Terhadap yang Memberikan Rezeki 

Makin banyak yang kamu mau, makin banyak doa yang kamu panjatkan. Makin banyak yang kamu ingin, makin banyak kamu lakukan apa yang Tuhan suka. Jangan kamu punya impian kamu melakukan apa yang Tuhan tidak suka. 

Kamu dapat berdoa, kerjanya keras impiannya gede, kerjanya keras doanya gede, luar biasa bukan. Kita yang meminta tapi tuhan yang menentukan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel