-->

7 Cara Istirahat dari Media Sosial untuk Mengurangi Stress

7 Cara Istirahat dari Media Sosial untuk Mengurangi Stress

Siapa sih yang gak punya media sosial di zaman yang serba canggih ini. Media sosial sama seperti kebanyakan  hal lain di dunia ini. Dia ibarat dua sisi dimana kalau ada sisi buruknya pasti juga ada sisi  baiknya. 

Bisa bayangin enggak berapa banyak orang terhubung dan bisa saling silaturahmi melalui  media sosial. Berapa banyak orang yang cari uang lewat media sosial seperti online shop. Jadi sebenarnya baik-buruknya media sosial itu ya tergantung penggunanya. 

Namun jika kamu sudah  berlebihan dalam menggunakannya kamu bisa coba untuk puasa media sosial untuk menjaga kesehatan mental kamu. 

Dalam artikel ini catatan baru akan ngebahas cara untuk memulai puasa media sosial. Untuk itu simak artikelnya sampai habis ya guys.

Bersosialisasi dalam Kehidupan Nyata

Cara  pertama ini cukup mudah. Sebagian besar orang menggunakan media sosial untuk bersosialisasi. Tapi kamu juga bisa melakukannya dalam kehidupan nyata. Tampaknya hal ini akan membantu karena orang yang bersosialisasi lebih banyak dalam kehidupan nyata cenderung memiliki lebih sedikit waktu di  dunia maya. 

Pikirkan Sebelum Posting  

Memang sangat menggoda untuk mengunggah foto makanan yang baru saja dimasak. Namun jika kamu mengunggah gambar makanan ke-10 dalam satu hari ini akan lebih baik kamu mengurungkannya ya guys.

Membatasi Porsi Waktu  Menggunakan Media Sosial

Biasanya berapa lama sih kamu bisa berselancar di dunia maya? Setiap  orang punya porsi waktu yang berbeda ya. Ada yang cukup satu jam sehari. Tetapi ada juga yang kuat  bermain di media sosial dari siang hingga malam.

Nah cobalah untuk memberikan batasan waktu ketika  kamu menggunakan media sosial. Jika biasanya kamu bermain media sosial selama 6 jam dalam sehari. Cobalah memangkasnya menjadi dua jam dalam sehari.

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi pembatas waktu  yang ditujukan untuk mengontrol pemakaian media sosial. Seperti digital welbing. Aplikasi ini dapat menampilkan informasi lengkap terkait aktivitas aplikasi pada ponsel. Meliputi durasi penggunaan aplikasi, seberapa banyak ponsel diaktifkan, jumlah notifikasi yang muncul setiap hari. 

Namun  kamu harus konsisten ya, kalau udah mencapai batasan waktu ya kamu harus meletakkan ponsel kamu.

Matikan Notifikasi Media Sosial 

Salah satu cara paling mudah puasa media sosial adalah dengan mematikan notifikasi dari aplikasi media sosial. Dengan begitu kamu nggak akan terdistraksi untuk membuka media sosial. Kalau kamu nggak mau mematikan notifikasi media sosial kamu juga bisa  ya membisukan notifikasi dari media sosial. Jadi notifikasi media sosial tetap masuk namun enggak  berdering. 

Kalau Kangen Telepon atau Chatting Saja 

Biasanya kalau kamu kangen dengan seseorang pasti langsung lihat media sosialnya. Entah itu Instagram atau Twitter. Kamu ingin mengetahui update kehidupan dari mereka. Eits itu kangen atau kepo ya? 

Untuk mengobati  rasa kangen dengan teman kerabat atau anggota keluarga. Kamu bisa langsung menghubungi mereka. Bisa melalui pesan singkat seperti WhatsApp, Line atau SMS. Kalau kamu tipe orang yang suka  berbicara langsung kamu bisa manfaatkan telepon dari aplikasi WhatsApp atau Line agar biaya telepon enggak membengkak. 

Dengan cara ini kamu akan mengekspresikan emosi tanpa menggunakan  emoji dan kamu juga akan melatih keterampilan sosial. 

Lakukan Aktivitas Lainnya 

Salah  satu cara agar puasa media sosial kamu berhasil adalah dengan menyibukkan diri melakukan aktifitas lainnya. Jika kamu sibuk melakukan kegiatan lain tentunya kamu nggak akan tergoda untuk membuka media sosial. 

Kamu bisa melakukan kegiatan yang menjadi hobi kamu. Misalnya olahraga, berkebun atau memasak. Jika kamu ingin membuka media sosial coba alihkan untuk membuka situs berita. Kamu juga bisa memasang aplikasi yang produktif dan edukatif atau sekedar menambah preferensi dan kreativitas seperti quora Pinterest dan lain-lain. 

Dengan membuka situs berita kamu akan mendapatkan informasi dan pengetahuan baru. 

Uninstall aplikasi Media Sosial

Cara satu ini bisa dilakukan kalau kamu benar-benar ingin berhenti menggunakan media sosial. Mungkin terdengarnya sangat ekstrim ya, tapi percaya deh hal ini yang paling efektif  dengan menginstal aplikasi di media sosial.

Tentunya kamu bisa lebih fokus dalam menjalani  hidup kamu tanpa takut terganggu oleh gosip atau berita yang berlebihan. 

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk berpuasa media sosial. Buat saya pribadi media sosial  itu positif asal kita bisa menggunakannya untuk hal positif. Kalian bisa memilah mana  aplikasi yang bermanfaat dan mana Aplikasi yang enggak memberikan manfaat. 

Jadi nggak masalah  menggunakannya asal gak berlebihan. Nah kalau sudah kecanduan tapi nggak mau lepas  ya kita ubah perlahan waktu menggunakannya.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel