-->

7 Pekerjaan Traveling tapi Dibayar

7 Pekerjaan Traveling tapi Dibayar

Bisa nggak ya kalau traveling kemudian mendapatkan penghasilan dari traveling tersebut? Di artikel ini catatan baru akan sharing beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari travelling. jadi baca artikel ini sampai habis ya.

Menghasilkan uang dari traveling ini bisa dilakukan oleh semua traveler, tidak perlu kamu menunggu untuk expert dan juga tidak perlu kamu menunggu untuk menjadi seorang influencer.

Menjadi Travel Photographer

Yang pertama yaitu menjadi travel photographer. kalau kamu sudah Pro dibidang fotografi ini kamu bakal bisa traveling dengan gratis.

Dengan menjadi seorang travel fotografer maka semua biaya kamu saat traveling akan ditanggung oleh peserta. Ini berarti bahwa kamu traveling secara gratis.

Gimana kalau kita nggak ahli dalam fotografi? Contohnya saya, saya nggak ahli juga dalam fotografi. Nah yang bisa saya lakukan, biasanya hasil-hasil foto saya itu saya jual online.

Menjadi Travel Planner

Yang kedua yaitu menjadi travel planner. Travel Planner iyu apa ? Jadi biasanya travel planner membantu meng-arrange itinerary atau membuat itinerary bagi orang-orang yang ingin traveling mandiri dalam dan luar negeri karena biasanya mereka malas melakukan riset. 

Tarifnya berapa ini sih?  Variatif tergantung berapa kota dan negara yang mereka kunjungi dan juga berapa lama. Tapi biasanya itu range-nya IDR 100.000 - IDR 500.000

Jasa Titip Beli Tiket Pesawat

Yang ketiga yaitu jasa titip beli tiket pesawat. Emang ada yang mau?

Biasanya sih ini bisa kamu lakukan saat ada travel fair karena pada saat ada travel fair itu biasanya banyak sekali diskon-diskon yang bisa kamu dapatkan. Tapi untuk mendapatkan diskon itu, biasanya kita harus antri bisa berjam-jam ke mendapatkan vouchernya. Dan tidak semua orang mau melakukan antri ini, jadi disini kamu bisa mendapatkan kesempatan itu mendapatkan fee, mungkin ya sekitar IDR 200.000 - IDR 500.000 itu tergantung dengan harga tiketnya.

Selain di travel fair kamu juga bisa membeli tiket promo ini di platporm online karena beberapa travel agency itu terkadang membuat promo besar-besaran.

Tapi kenapa orang tidak mau beli sendiri kalau online? karena walaupun semua orang bisa mengakses online travel agency tersebut. Promo-promo yang disediakan itu biasanya pada tanggal tertentu dan mungkin saja mereka itu malas untuk riset tanggal berapa yang ada, ke negara mana yang ada.

Jadi dibanding ribet mereka lebih memilih untuk nitip beli. Kalau di online ini mungkin tarifnya yang kamu dapatkan itu mungkin sekitar sekitar IDR 20.000 - IDR 300.000 tergantung dengan harga tiketnya. Belum termasuk kalau seandainya ada potongan atau ada diskon dari kartu kredit tertentu.

Menjadi Tour Leader atau Tour Organizer

Bedanya ini dengan travel planner adalah kalau tour leader inii biasanya selain menyusun itinerary. Kamu juga ikut traveling bersama dengan mereka dan di negara tujuan kamu yang organize agar perjalanan di sana itu lancar.

Terus tarifnya berapa? Biasanya ada orang yang hanya membebankan biaya selama mereka traveling di sana. Ada juga yang mungkin hanya mengambil fee saja misal cuma mengambil fee IDR 500.000 atau IDR 1.000.000 biasanya ini memang mereka bisa lakukan. Karena mereka juga ada jadwal traveling ke negara tersebut.

Tetapi kalau kamu sudah Pro atau sudah expert di sebuah negara atau kota tersebut biasanya mereka itu charge full yaitu adalah biaya di sana plus biaya pesawat plus profit margin yang mereka harapkan. Jadi dengan menjadi tour atau tour organizer kamu bahkan bisa traveling dengan gratis.

JASTIP

Pasti kamu udah pernah dengar mengenai jastip ini bahkan mungkin sudah pernah menggunakan jasa mereka. Jadi sebenarnya jastip ini adalah kamu menjual barang-barang dari negara tujuan kamu. Misal kamu traveling ke Korea. Jadi kamu menawarkan barang-barang ke teman-teman kamu Atau orang lain untuk membelikan barang-barang dari Korea dengan menambahkan fee tertentu.

Bahkan sekarang ini sudah ada website dan aplikasi dimana kamu bisa menjual jasa titip ini. Berapa sih tarifnya kalau jastip ini? Biasanya sih mungkin sekitar IDR 20.000 - IDR 400.000, jadi tergantung harga barang, size dan juga beratnya.

Pengalaman saya sendiri di jastip ini cukup baik. Di beberapa negara terakhir bahkan fee dari jastip ini bisa membayarka harga tiket saya. Lumayan banget kan.

Selain kelima tips sebelumnya ada dua lagi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan dari traveling tapi hasilnya tidak langsung kamu dapatkan. Yaitu travel blogger dan juga travel Vlogger.

Nah kamu tinggal pilih aja yang paling sesuai untukmu semoga tips ini bermanfaat ya.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel