-->

4 Cara Bergaul Agar Disenangi Orang

4 Cara Bergaul Agar Disenangi Orang

Relationship is about communication. Segala macam hubungan, hubungan pertemanan, hubungan bisnis, hubungan dagang atau hubungan apapun itu. Itu tergantung bagaimana cara kita berkomunikasi. Sukses tidaknya kita membangun hubungan tersebut, sukses tidaknya kita membangun relationship tersebut, itu adalah bagaimana caranya supaya orang lain itu bisa menyukai kita. 

Mungkin kamu akan merasakan ketika lagi stagnan di perusahaan kamu. Jabatan kamu tidak naik, bisnis kamu di dunia marketingpun merasa stagnan hanya di situ situ saja, tidak berkembang atau mungkin hubungan percintaan kamu sedang jomblo,

Seseorang dibalik suksesnya sebuah perusahaan baja raksasa Amerika yaitu American Steel corporation mengatakan bahwa kunci dari kita bisa membangun hubungan adalah menerima dengan murah hati dan royal memberikan penghargaan. 

Nah ini sejalan dengan bukunya delkarneji dalam buku how to win friends and influence people. Disebutkan ada 6 langkah bagaimana caranya kita untuk bisa supaya orang itu bisa menyukai kita. Nah hari ini catatan baru akan membahas langkah-langkah tersebut, supaya bisnis kamu berkembang, jabatan kamu bisa naik dan kamu tidak jadi jomblo. 

Bagaimana caranya menimbulkan minat 

Ya kamu harus bisa menimbulkan minat orang terhadap kamu. Sebenarnya untuk menimbulkan minat ini banyak referensi. Referensi buku yang saya rekomendasikan kepada kamu misalnya bukunya Alan first question and answer di situ sangat diajarkan bagaimana caranya kamu bisa berinteraksi dengan orang, bagaimana caranya kamu bisa melakukan berinteraksi dengan orang, bagaimana tata cara melakukan pendekatan dengan orang lain.

Kalau kita sudah bisa mempelajari itu, kita akan bisa bisa sangat bisa menimbulkan minat orang-orang itu tergantung dari seberapa penting dia untuk kamu. Nah berarti kamu harus melakukan riset. Lakukan riset kecil aja nggak perlu kamu melihat reset itu sebagai sebuah hal yang hal yang rumit.

Misalnya kamu mau ketemu seseorang, kamu mau ketemu seseorang yang kamu reset dulu, siapa dia. Misalnya kamu stalk dulu Facebook dia, Buka Instagram dia. Di situ kamu bisa meriset orang ini sukanya ini, orangnya ini sukanya ini, orangnya ini sukanya ini. 

Sehingga pada saat kamu bicara dengan dia, kamu ngobrol dengan dia, ketemu dengan dia, kamu langsung straight to the point. Jadi misalnya kamu langsung membangkitkan minat dia untuk menyukai kamu. 

Misalnya kita suka memancing,  apa yang kita pancing adalah ikan. Jadi umpannya adalah makanan ikan, bukan makanan kita. Maksudnya begini, pada saat kita bicara dengan orang, pada saat kita mau ketemu dengan orang yang kita bicarakan bukan minat kita. Tapi minat dia. 

Nah begitu juga kalau kita menjalin hubungan antara insan yang berbeda antara laki-laki dan perempuan kita harus tahu dulu. Misalnya kamu harus tau bahwa perempuan butuh diperhatikan dan laki-laki butuh penghargaan.

Jangan di balik-balik, Misalnya kamu perempuan, kamu pengen memberikan perhatian kepada laki-laki. Karena kamu perempuan yang butuh diperhatikan akhirnya kamu memperhatikan laki-laki dengan cara kamu. 

Misalnya sudah makan belum, sudah salat belum, jangan lupa begini, jangan lupa begitu. Laki-laki tidak butuh itu, laki-laki itu yang dibutuhkan adalah penghargaan. Jangan dibalik-balik. Begitu juga laki-laki yang dibutuhkan penghargaan. 

Akhirnya pada saat dia ketemu perempuan yang dia katakan apa. Foto kamu cantik banget, kamu cantik banget, kamu seksi banget. Perempuan tidak butuh itu yang perempuan butuh adalah perhatian. Berikan perempuan itu perhatian lebih, itu akan menarik minat mereka terhadap diri kamu.

Senyumlah dengan tulus 

Ya senyum dengan tulus. Kenapa? Karena kesan pertama begitu menggoda pada saat orang akan melihat senyuman kamu dengan tulus. Ketika seseorang itu lagi marah, dan tidak mod dan segala macem pada saat melihat kamu senyum seketika akan meredakan suasana lebih fresh.

Selain itu juga senyum bisa membuat kamu lebih awet muda. Senyum ini bisa menimbulkan mental kecintaan dan rasa kasih sayang juga. Jadi penting sekali senyum. 

Belajarlah dengan lebih baik, ada satu quote yang mengatakan tentang senyuman yang bagus banget yaitu seperti ini tulisannya. You smile to change the world and don't let the world change your smile. 

Mengingat Nama dan Menyebut Nama Mereka Sesering Mungkin 

Dalam bukunya delkarneji yang berjudul how to win friends and influence people itu menyebutkan kalau dengan mengingat nama mereka dan menyebut nama mereka sesering mungkin itu bisa menimbulkan rasa keterbukaan mereka dengan kita. 

Saya pernah mengalami hal itu, karena saya pernah jalanin bisnis marketing saya itu selama 5 tahun kekurangan saya yang saya pelajari adalah sering lupa dengan nama orang itu. Jadi saya kalau ketemu orang itu selalu ngomong namanya siapa gitu. 

Nah jadi saya usahakan banget bagaimana caranya supaya bisa mengingat nama dia dan bisa memanggil nama dia. Nah ini penting sekali, pada saat kita mengingat nama dia, pada saat kita menyebut namanya berulang-ulang. Itu bisa menimbulkan rasa keterbukaan dengan dia sehingga dia bisa menerima kita. Sehingga kita bisa memenangkan hati dia. 

Jadilah Seorang Pendengar yang Baik 

Mungkin kamu pernah punya teman terus kamu bilang oh dia itu enak sekali diajak curhat, dia itu enak sekali diajak ngobrol, dia itu enak sekali diajak bercengkrama. Padahal temanmu itu tidak melakukan apa-apa. Dia cuman mendengarkan aja gitu. 

Karena pada saat orang lagi curhat sama kita, orang lagi bercerita tentang kita, orang lagi ngomong dengan kita. Hal yang paling harus dihindari adalah jangan disanggah, jangan dikritik. Karena dia cuman pengen didengarkan. 

Sebenarnya kita cuman mendengarkan dia oh ya gitu ya, oh iya oh iya, cuma gitu-gitu doang. Karena persoalan terbesar dalam komunikasi adalah kita mendengarkan itu bukan untuk mengerti, bukan untuk mencoba mengerti. 

Tapi ketika kita mendengarkan itu hanya untuk menyangga, cobalah jadi pendengar yang baik. Cobalah jadi diri dia kamu, cobalah bisa menyelami apa yang sebenarnya dia rasakan. Jangan cuman mendengarkan hanya untuk menyangga balik. 

Karena semua orang tidak mau satu tidak mau di sangga, kedua, seseorang tidak mau dikritik. apalagi disalah-salahin. Jangan sampai seperti itu. Jadi kamu coba untuk mengerti dia. 

Bicarakan Minat Mereka 

Kemudian yang selanjutnya pahami minat mereka. Misalnya minat mereka ini terhadap masakan. Sekarang kita punya Google, sekarang kita punya internet yang senantiasa kita bisa buka. Semua bisa kamu tanyakan disana.

Nah itulah butuhnya reset. Jadi kamu harus melihat dia siapa calon lawan bicara kita nanti, kamu riset apa yang dia sukai. Tetapi yang perlu kamu pahami, jangan jangan menanyakan hal-hal yang sebenarnya membuat orang jadi terluka. 

Nah sekali lagi tadi membicarakan mengenai minatnya itu bisa menimbulkan rasa keterbukaan, rasa nyaman, sehingga sehingga tanpa dia sadari kamu telah memenangkan hati dia dengan kamu membicarakan minat dia yang dia sukai.

Buat Mereka Merasa Penting 

Bagaimana caranya membuat mereka merasa penting? Sebenranya kebutuhan dasar manusia itu ada 5 dan salah satunya menurut teori Maslow itu adalah penghargaan. Ya dalam pertemanan bisa jadi hancur gara-gara dia tidak dihargai di komunitas itu, dibully terus di komunitas itu. 

Karena memang orang yang lagi membangun sebuah hubungan kemudian dia merasa tidak dihargai saat itu juga langsung memutuskan hubungannya. Dengan membuat dia merasa penting akhirnya dia menjadi terbuka dengan kita, akhirnya dia menjadi luas dengan kita, akhirnya dia merasa oh ini teman kita baik sekali menghargai kita, dia tidak sombong. 

Kalau kamu pegang 6 langkah ini InsyaAllah ke depannya bisnis kamu lagi menjadi berkembang lagi. Tentu saja jika kamu ingin berkembang, kamu musti terus belajar dan asah skill kamu dalam hal ini.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel