4 Tips Melamar kerja untuk Fresh Graduate

 4 Tips Melamar kerja untuk Fresh Graduate

Banyal sekali informasi lowongan pekerjaan yang bisa kamu dapatkan baik di website, sosial media, BKK atau dari referensi lainya. Namun tentunya informasi yang kamu dapatkan tidak semuanya adalah perusahaan yang tepat dan cocok untuk kamu pilih. Nah pada kesempatan ini catatan baru akan berbagi tips bagaimana langkah dan cara terbaik untuk melamar kerja untuk fresh graduate. 

Mencari Informasi Tentang Perusahaan

Hal penting pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencari informasi tentang perusahaan. Karena mencari informasi tentang perusahaan yang akan kamu lamar ini sangatlah penting. Kamu bisa mencari tau di bidang apa perusahaan ini bergerak, posisinya dimana dan lain sebagainya. 

Hal ini bertujuan untuk menghindari dari kamu mendapatkan posisi yang kurang tepat atau perusahaan yang kamu lamar tidak sesuai dengan undang-undang atau hukum yang berlaku. Untuk itu hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum melamar pekerjaan adalah mencari informasi tentang perusahaan yang ingin kamu lamar.

Cek Kualifikasi yang Perusahaan Butuhkan

Biasanya setiap perusahaan membuka lowongan pekerjaan, perusahaab tersebut menyertakan informasi kualifikasi atau persyaratan-persyaratan yang dia butuhkan. Untuk itu sebelum melamar coba cek satu persatu apa yang perusahaan tersebut butuhkan.

Misalnya perusahaan membutuhkan lulusan dari perguruan tinggi SMK, kita diharuskan memiliki skill tertentu atau kita diharuskan untuk tinggal atau bersedia ditempatkan di lokasi tertentu. Untuk itu sangatlah perlu untuk mengecek kualifikasi yang perusahaan butuhkan. 

Mulai dari sekarang cobalah bikin checklist identifikasi ke dalam diri kamu. Apakah kamu memiliki kualifikasi-kualifikasi yang dibutuhkan perusahaan. Misalnya ada satu atau dua kualifikasi yang belum sesuai atau belum ada pada diri kamu, ini bukan berarti kesempatan terbuang atau tertutup. 

Karena biasanya kualifikasi itu yang dicantumkan di lowongan pekerjaan itu ada dua jenis. Yang pertama kualifikasi mandatory atau kualifikasi yang wajib dimiliki dan yang kedua adalah kualifikasi yang opsional atau dengan kata lain kita boleh memiliki boleh juga tidak, tapi lebih bagus kalau memiliki. Kalau pun tidak memiliki juga masih terbuka kesempatan untuk melamar di perusahaan tersebut.

Untuk itu mulai sekarang kamu bisa teliti satu persatu kualifikasi apa yang diperlukan untuk posisi ini. Kemudian bikin checklist apakah kamu sudah memenuhi kualifikasi tersebut. Kalau bisa kamu sudah bisa membedakan apakah kualifikasinya bersifat wajib atau hanya opsional.

Buat CV yang Menarik

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah membuat CV yang menarik. Membuat CV yang menarik merupakan salah satu faktor yang bisa menentukan untuk kamu diterima di perusahaan tersebut. Karena tentunya setiap ada informasi lowongan yang disebarkan, pasti akan banyak sekali, bisa puluhan atau ratusan orang yang akan melamar pekerjaan dan terbilang sulit untuk melakukan seleksi. 

Untuk itu membuat CV yang menarik adalah perwakilan atau perwudutan dari diri kita ketika pertama kali kita bertemu dengan perusahaan yang kita lamar dalam wujud CV. Kalau kamu membuat CV yang biasa saja, maka akan menimbulkan kesan pertama yang kurang menarik dan sama dengan pelamar pekerjaan lainya.

Untuk itu ketika kamu memutuskan untuk melamar pekerjaan usahakan untuk membuat CV yang semenarik mungkin sebagai perwakilan pertama dari diri kamu. 

Perhatikan Batas Waktu Pendaftaran

Terakhir adalah kirimkan lamaran atau CV kamu tepat waktu. Perhatikan terlebih dahulu tentang batas waktu pendaftaran, selain itu kamu juga harus memperhatikan dokumen apa saja yang harus di yang harus disertakan dalam CV kamu. Dalam hal ini usahakan juga untuk menyusun dengan rapi dan baik supaya saat diterima oleh para menyeleksi mereka tidak kesulitan untuk mengecek atau mengevaluasi dokumen yang kamu kirimkan. 

Itulah 4 tips melamar kerja untuk fresh graduate, yang pertama adalah ketahui informasi tentang peusahaan yang ingin kamu lamar. Kemudian yang kedua adalah memenuhi kualifikasi atau persyaratan yang ditetapkan oleh perusahaan untuk mengisi posisi dibutuhkan. Kemudian yang ketiga jangan lupa bikin CV yang paling menarik. Dan yang terakhir kirimkan CV kamu tepat waktu.

Belum ada Komentar untuk "4 Tips Melamar kerja untuk Fresh Graduate"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel