-->

15 Hal yang Selalu Berubah dan Tidak Bisa Kita Kendalikan

15 Hal yang Selalu Berubah dan Tidak Bisa Kita Kendalikan

Ketika kita lahir di dunia mau atau tidak mau kita harus berdamai dengan diri kita sendiri. Ada hal-hal yang hidup tidak bisa kita rubah sesuai dengan kemauan kita. Kita hanya bisa menerimanya saja. Kita tidak bisa mengubahnya, meratapi dan mempermasalahkan hal itu. Karena hal itu hanya akan membuang-buang waktu saja. 

Kita tidak akan pernah bisa mengubahnya, karena memang itu bukan tanggung jawab kita. Kita harusnya berfokus pada sesuatu yang bisa kita kontrol. Jangan fokus pada sesuatu yang tidak menghasilkan apa-apa. Berikut catatan baru berikan ulasan tentang 15 Hal yang Selalu Berubah dan Tidak Bisa Kita Kendalikan. 

Perubahan 

Yang pertama adalah perubahan. Dunia dan sekeliling kita akan selalu berubah seiring dengan waktu. Teknologi berubah, kebiasaan masyarakat berubah, pengetahuan berubah, pola bisnis berubah, pola pendidikan berubah dan yang harus menjadi perhatian kita adalah bagaimana kita harus mengikuti perubahan itu agar tidak tergilas oleh zaman. 

Orang Tua 

Orang tua tetaplah orang tua kita. Yang melahirkan kita dengan segala keterbatasan yang dimiliki oleh mereka. Mungkin orang tua kita tidak berpendidikan tetapi mereka tetap orang tua kita yang berhak untuk kita sayangi dan kita hormati. 

Jangan pernah malu dengan orang tua kita. Mungkin orang tua kita miskin, hanya seorang petani, pedagang kecil atau tukang becak. Tetapi mereka telah berjuang habis-habisan untuk diri kita sampai kita bisa sekolah tinggi. 

Jujurlah pada dunia. Singkirkan segala bentuk gengsi. Hidup bukan masalah harta dan pekerjaan yang mewah. Tetapi tentang moral yang menjadikan semuanya jauh lebih terhormat. 

Kondisi Fisik Kita 

Kondisi fisik setiap orang memang berbeda. Ada yang cantik, ada yang pas-pasan, ada yang ganteng, ada yang biasa-biasa saja, ada yang sempurna ,ada yang tidak sempurna ,ada yang kulitnya hitam, rambutnya keriting, tubuhnya pendek, hidungnya pesek. 

Semua itu adalah bawaan lahir yang tidak bisa kita rubah. Berusaha meratapi dan minder dengan semua itu hanya akan membuat diri kita tidak percaya diri. Terimalah segala kekurangan diri kita. Berdamailah dengan segala bentuk fisik kita. 

Dengan begitu kita akan bisa memulai untuk melakukan hal yang besar. Kita masih bisa unggul di bagian yang lain. Banyak orang yang kurang sempurna, tetapi bisa menginspirasi banyak orang karena mereka punya prestasi, punya talenta yang bisa dibanggakan. 

Bakat dan Talenta 

Setiap orang punya bakat dan talenta nya masing-masing. Setiap orang itu unik dengan segala kelebihannya, dan itu tidak pernah bisa di copy dan paste. Bahkan tidak pernah bisa dibeli dengan uang sebanyak apapun. 

Oleh karena itu kenalilah diri kita, dari kelebihan kita. Kemudian kembangkan bakat dan talenta itu. Jadikan itu sebagai sesuatu yang bisa kita banggakan. 

Kondisi Alam 

Siapa yang bisa memprediksi Tsunami Aceh tahun 2004, gempa Jogja tahun 2006, gempa Palu tahun 2018. Manusia hanya bisa menerka nerka. Tetapi tidak bisa memastikan kapan akan benar-benar terjadi. Mungkin kita terdampak oleh sebuah bencana dan harus kehilangan banyak harta benda. 

Tentunya perasaan hati sedih. Tetapi tentu kita harus menerima itu semua dan mencoba untuk tegar dan bangkit. Memungut semua yang tersisa dan mencoba untuk melanjutkan hidup, meski memang harus memulai dari awal. 

Kematian 

Kematian adalah sesuatu yang pasti. Semua orang tahu kalau dirinya suatu saat akan mati. Sayangnya tidak satupun orang yang tahu kapan datangnya kematian itu. Ada orang yang sehari sebelumnya sangat sehat, tetapi hari esoknya dia meninggal. Banyak artis yang putih menjaga kesehatan tetapi meninggal karena penyakit. 

Jadi percuma kita sibuk untuk memupuk rasa takut kita terhadap kematian. Yang bisa kita lakukan adalah bagaimana mencoba untuk melakukan yang terbaik. Melakukan banyak kebaikan sebelum datang kematian itu. 

Perasaan Orang Lain Kepada Kita 

Kita tidak bisa memaksakan perasaan orang lain terhadap diri kita. Kita tidak bisa memaksakan cinta, kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk suka dengan diri kita. Di setiap pertemanan pasti ada yang suka pasti ada yang tidak suka dengan diri kita. 

Hal wajar jika ada yang benci dan kurang suka dengan diri kita. Tidak perlu diambil pusing, jika kita merasa sudah berbuat benar dan sudah mendapatkan persetujuan dari beberapa orang. Yakinlah dengan sikap kita itu. 

Cibiran dan cemoohan orang lain tidak perlu kita pedulikan. 

Masa Lalu 

Apapun yang terjadi kita tidak bisa mengubahnya. Kejadian buruk, kejadian baik akan tetap menjadi masa lalu. Yang bisa kita rubah adalah perasaan dan pikiran kita. Masa lalu memang tidak pernah bisa kita rubah. Yang bisa kita rubah adalah sikap kita tentang masa lalu itu. 

Kita bisa mengambil hikmah, kita bisa mengambil pelajaran, kita bisa merubah kesedihan, kita bisa mengubah sikap untuk tidak meratapi kejadian di masa lalu. 

Menua

Setiap orang pasti akan menua. Seiring dengan waktu. Jangan terlalu sibuk mengurusi perubahan fisik kita. Ketika kita sibuk mengurusi keriput yang satu persatu muncul di wajah kita, sibuk mengurusi uban yang satu persatu muncul di kepala kita. Yang seharusnya kita lakukan dan kita urus adalah bagaimana kedewasaan. 

Kita harus terus bertambah seiring dengan usia kita. Yang harus kita urus adalah bagaimana semakin tua harusnya semakin bertambah kekayaan kita .Yang perlu kita urus adalah semakin menua harusnya semakin banyak manfaat kita untuk orang lain. 

Karakter Orang Lain 

Kita tidak bisa memaksakan orang lain untuk berbuat atau berpikir sesuai dengan kehendak kita. Kita tidak berhak mengatur karakter orang lain. Sebagaimana diri kita juga tidak ingin dipaksa untuk merubah karakter kita oleh orang lain. 

Kita hanya bisa mengubah hidup kita sendiri. Kita hanya bisa mengubah karakter diri kita sendiri. 

Kata yang Sudah Kita Ucapkan 

Kata-kata yang sudah kita ucapkan kepada orang lain tidak akan pernah bisa kita tarik lagi. Perkataan yang sudah membuat luka di hati orang lain tidak bisa kita tarik kembali. Oleh karena itu sebelum kita mengeluarkan suara, sebelum kita mengeluarkan statemen. Kita Harus berpikir terlebih dahulu, apakah ucapan kita akan baik atau akan buruk. Apakah memberi manfaat atau justru merugikan dan menyakiti orang lain. 

Peluang yang Sudah Lewat 

Peluang yang sudah kita lewatkan tidak akan pernah kembali. Peluang mungkin pergi karena kita terlalu lama berpikir. Peluang mungkin pergi karena kita terlalu takut mengambil resiko. Peluang mungkin pergi karena kita terlalu santai. Yang bisa kita rubah adalah sikap. 

Kita ambil hikmah dalam setiap kejadian itu dan kemudian bersiap-siap menemukan peluang baru di masa depan dan bergegas untuk segera mengambilnya. 

Kejadian Buruk

Semua orang pasti pernah mengalami kejadian buruk dalam hidup. Ketika kita jatuh, sedih, kita rugi dan lain sebagainya. Semua kejadian itu tidak akan pernah kita rubah. Yang bisa kita lakukan adalah mengambil pelajaran dari kejadian itu agar di masa depan tidak terjadi kembali. 

Yang Sudah Hilang 

Yang telah hilang tidak akan pernah kembali. Yang sudah hilang akan tergantikan, jangan ratapi apa-apa yang telah hilang dalam hidup kita. Percayalah bahwa setiap hal yang hilang dalam hidup akan tergantikan. Mungkin kita kehilangan teman, tetapi kita masih bisa menemukan teman-teman yang baru. Mungkin kita kehilangan uang, tetapi kita masih bisa mencarinya lagi. Jangan habiskan waktu dan kesempatan hanya untuk meratapi sesuatu yang tidak akan pernah bisa kembali.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel