-->

14 Alasan Kenapa Seseorang Harus Memiliki Impian dalam Hidup

14 Alasan Kenapa Seseorang Harus Memiliki Impian dalam Hidup

Sesuatu yang baik dalam kehidupan kita berawal dari angan-angan berawal dari mimpi. Pesawat terbang tercipta dari impian. Bagaimana manusia bisa terbang seperti burung, facebook tercipta berawal dari impian sebuah sosial media menjadi lebih user-friendly dan real time, go-jek diciptakan dari impian besar. Bagaimana produk jasa transportasi bisa lebih mudah ditemukan dengan menggunakan teknologi informasi dan lain sebagainya. 

Begitu juga manusia pada umumnya. Manusia mau bergerak, manusia mau mengeluarkan usaha karena dia punya impian. Kita semua mau bersekolah pusing-pusing mengerjakan tugas karena kita ingin punya masa depan yang lebih baik. Atau seorang pedagang kuliner berdisiplin menyiapkan warungnya dari jam 2 pagi karena dia punya impian, punya hajat ingin mendapatkan keuntungan dan lain sebagainya. 

Semua orang bergerak dengan impiannya. Itulah gambaran bagaimana keinginan atau impian manusia menjadikan manusia itu mau untuk bergerak, mau untuk mengeluarkan ide-ide, mau mengeluarkan pikiran pikiran dan mau mengeluarkan tenaganya untuk meraih impian itu. 

Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mempunyai impian. Kalau perlu impian yang besar atau bahkan mungkin impian yang sangat besar. Inilah catatan baru berikan beberapa alasan mengapa kita harus punya impian. 

Lakukan Hal Positif

Kebanyakan orang melakukan hal negatif karena dia tidak tahu harus ngapain. Misalnya seorang pemuda gabut. Dia nggak punya kegiatan. Awalnya dia nonton YouTube, nonton video macam-macam dan karena bosan dia nonton YouTube, lama-lama dia iseng-iseng buka situs ini itu, kemudian nonton video tersebut dan karena kurang puas kemudian dia melakukan yang tidak seharusnya dia lakukan. 

Dan itu berulang-ulang menjadi kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan sehingga hidup menjadi tidak produktif. Sebaliknya, kalau kita punya impian kita akan fokus pada hal-hal yang ingin kita raih. Kita akan keluarkan tenaga dan waktu kita untuk mencapai impian kita itu. Dan secara otomatis perlahan-lahan kita akan melupakan hal-hal negatif karena kita sibuk melakukan hal yang positif. 

Meningkatkan Harga Diri 

Ketika kita punya impian besar pasti kita akan berupaya untuk mewujudkannya, akan menjadikan kita pribadi yang kuat dan percaya diri. Kita jadi punya kedisiplinan, kita jadi tidak mudah ikut-ikutan orang lain. Yang secara otomatis itu semua akan meningkatkan harga diri kita, menambah value dalam diri kita. 

Tau Akan Tujuan Hidup 

Ketika kita punya impian, kita akan mencari tahu apa yang kita inginkan dan akhirnya impian membuat kita tahu dan paham apa yang ingin kita capai dalam hidup. Impian itu ibarat tujuan, dalam perjalanan kita, kalau kita punya tujuan kita akan tahu kemana arah yang akan kita tuju. 

Kalau kita punya tujuan setidaknya kita akan tahu seberapa berat hal-hal akan dilalui kita. Akan bisa memperkirakan seberapa lama kita akan sampai ke tujuan itu, dan kita juga akan tahu step-step atau level-level yang harus kita lalui. 

Mendorong Kita untuk Melakukan yang Terbaik 

Memang tidak ada jaminan bahwa setiap impian kita akan segera berhasil. Tidak ada jaminan juga bahwa kita akan mendapatkan hasil seperti yang kita bayangkan. Tetapi justru karena ketidakpastian itu kita menjadi seperti dipaksa untuk mengeluarkan segala daya dan upaya kita dengan maksimal. 

Justru karena hasil yang tidak pasti kita tidak lagi bisa bersantai-santai, bekerja ala kadarnya atau makan gaji buta. Dengan begitu kita akan menjadi diri kita yang terbaik. Contohnya para pengusaha yang tidak ada jaminan mendapatkan penghasilan yang tetap. Tetapi justru prestasi dan penghasilan mereka bisa mengalahkan pegawai negeri sipil yang notabene sangat aman. Karena sudah pasti punya penghasilan yang tetap. 

Tidak Akan Menyesal 

Impian yang benar-benar ingin kita lakukan dan sesuai dengan passion kita. Setidaknya akan membuat kita lega bahwa kita sudah melakukan sesuatu yang benar-benar kita inginkan. Kita merasa merdeka dan puas ketika kita bisa mencapai impian kita. Dan jika gagal pun kita tidak akan ada beban dan penyesalan. 

Akan Memotivasi dan Memberikan Semangat Hidup 

Kalau kita punya impian artinya kita percaya bahwa ada sebuah kesempatan atau harapan untuk mewujudkan impian kita. Dengan harapan itu kita menjadi punya semangat dan motivasi untuk melakukan sesuatu. Kita akan punya alasan untuk bergerak, kita punya alasan untuk berinovasi atau setidaknya kita punya alasan untuk bangun pagi. 

Punya impian juga akan membantu kita untuk selalu ingat bahwa masih ada sesuatu yang harus diraih. Menyadari bahwa belum waktunya untuk menyerah dan bersantai. 

Keluar Dari Zona Nyaman 

Ketika kita punya impian akan membuat kita jadi lebih yakin untuk mengorbankan banyak hal untuk meraih impian kita itu. Termasuk juga kita yakin untuk mengorbankan zona nyaman kita. Kita harus mengurangi waktu tidur, kita harus berangkat pagi, kita harus lembur dan lain sebagainya. 

Tapi semua itu mudah kita lalui karena kita punya keyakinan bahwa setiap pengorbanan dan zona nyaman yang kita tinggalkan itu, suatu saat akan terbayar dengan hasil yang jauh lebih besar. 

Membuat Kita Mudah Bangkit dari Kegagalan 

Ketika kita punya impian yang besar, kita justru menjadi ringan menghadapi setiap masalah dalam hidup. Setiap kegagalan akan kita hadapi dengan pengertian bahwa ini adalah bagian dari proses untuk mencapai impian kita. 

Kita akan sadar bahwa untuk mencapai tujuan pasti akan ada hambatan, pasti akan ada cobaan yang harus dilalui dan dengan kesadaran ini kita akan menjadi lebih mudah untuk bangkit dari kegagalan. 

Mendorong Kita Untuk Terus Belajar 

Dari setiap kegagalan yang kita lalui itu disitulah kita akan memetik pelajaran baru kita akan mulai berinovasi. Kalau cara ini tidak berhasil kita coba cari yang lain. Kalau jalan ini ternyata tidak bisa mengantarkan kita pada tujuan kita, belajar untuk mencari jalan yang baru dan disitulah pengetahuan pengalaman orang yang punya impian akan terus berkembang. Kita akan terdorong untuk senantiasa terus belajar dan berinovasi. 

Hidup Menjadi Tidak Monoton dan Membosankan 

Impian juga akan memberikan warna dalam kehidupan kita. Hidup menjadi tidak monoton dan membosankan. Hidup menjadi penuh tantangan untuk selalu berproses setahap demi setahap, ke tahap yang lebih baik. 

Dan biasanya orang yang merasa hidupnya monoton dan membosankan biasanya dia adalah orang yang sedang tetap atau tidak tahu harus ngapain, tidak tahu harus ke mana. Nah dengan punya impian artinya kita telah menentukan arah tujuan kita sehingga hidup akan terasa lebih hidup. 

Membuat Kita Terhubung Dengan Orang yang Satu Frekuensi

Sadar atau tidak, ternyata lingkungan mencerminkan diri kita. Ketika kita punya impian, kita akan ditemukan dan didekatkan dengan orang-orang yang punya frekuensi yang sama, serta kapasitas yang mirip-mirip. 

Coba kita lihat teman-teman terdekat kita. Pasti mereka punya sifat dan impian yang mirip-mirip dengan kita. Dengan hal ini kita bisa mengupgrade impian kita. Mungkin kita akan kehilangan satu atau dua orang teman. Tetapi yakinlah kita akan ditemukan lagi dengan teman-teman yang baru, yang satu frekuensi dengan kita. 

Ketika kita terus mencapai level yang lebih tinggi lagi, kita nanti akan ketemu juga dengan orang-orang yang punya level setara. Ibarat naik gunung, ketika kita sukses menaiki sebuah gunung yang sangat tinggi. Di puncak kita akan ditemukan dengan orang-orang sukses, yang berhasil menaklukkan puncak gunung itu. 

Membuka Peluang 

Ketika kita selalu berproses dalam kebaikan. Pandangan kita akan menjadi lebih luas, pengetahuan, pergaulan menjadi semakin luas. Kita juga akan bertemu dengan orang-orang yang baru. Kita jadi bisa melihat dunia dengan berbagai macam sisi. Kita jadi bisa melihat dan meneropong berbagai macam peluang di sekitar kita. 

Dari berbagai hal tersebut akan terbuka peluang untuk diri kita. 

Membuat kita menghargai Waktu 

Kita tahu bahwa meraih impian itu butuh proses, butuh waktu dan setiap waktu yang kita punya akan menjadi sangat berharga untuk diri kita. Kita jadi tidak mudah menyia-nyiakan waktu, kita tidak mudah menghabiskan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat, kita akan berpikir untuk mengisi waktu kita dengan sesuatu yang bisa membuat kita lebih dekat dengan impian kita. 

Bisa Menginspirasi Orang Lain dan Menolong Orang Banyak 

Saat kita berhasil meraih impian kita. Tanpa kita sadari materi pengalaman dan pengetahuan kita sudah bertambah. Kita bisa berbagi cerita, membantu dan memberikan harapan dan menjadi inspirasi untuk orang lain. 

Nah itulah beberapa hal tentang pentingnya kita memiliki impian yang besar. Bermimpilah selagi bisa. Tidak ada kata terlambat. Kita mungkin sudah merasa tua, tetapi bermimpi itu bebas. Siapa saja boleh untuk merangkai mimpi-mimpi mereka.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel