-->

10 Hal yang Menyebabkan Kamu Susah Menabung

10 Hal yang Menyebabkan Kamu Susah Menabung

Dalam artikel kali ini mungkin akan menyinggung banyak orang, termasuk kamu ataupun diri sendiri. Kebanyakan orang mungkin memang menghasilkan uang dengan bekerja, berbisnis atau berinvestasi. Tetapi sangat sedikit orang yang tidak bisa mengelola penghasilan mereka. 

Banyak sekali orang merasa heran dengan gaji mereka yang tiba-tiba habis dan tidak cukup untuk menampung pengeluaran mereka. Sebenarnya yang sering terjadi adalah karena mereka mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sebenarnya tidak terlalu penting. 

Berikut catatan baru bagikan 10 hal yang sering menguras uang mereka, sampai mereka habis dengan sia-sia. 

Kartu Kredit atau Cicilan Bulanan 

Jika kita merasa masih miskin atau belum kaya. Jangan sekali-kali berani mengambil kartu kredit atau pinjaman online yang lain. Karena ini adalah sebuah jebakan yang mungkin tidak kita sadari. Awalnya mungkin kita dapat meyakinkan diri kita bahwa kita bisa mengontrol kartu kredit yang kita punyai. 

Tapi pada kenyataannya banyak sekali orang yang khilaf dan berbelanja dengan serampangan untuk hal-hal yang tidak penting, masih punya limit pinjaman, untuk membeli baju beru, produk kecantiakan dan lain sebagainya. 

Terlalu Mengikuti Trend

Pernahkah kita melihat orang yang setiap minggu bergonta-ganti model rambut, model baju atau model tas. Kalau iya, maka janganlah meniru mereka. Jangan menjadi orang yang terlalu narsis dengan menganggap semua orang akan memperhatikan diri kita. 

Berpenampilanlah yang sewajarnya. Cukup berpenampilan yang rapi dan sopan. Kadang untuk penampilan, bahkan orang rela membuang uang yang sangat banyak, Bahkan sampai berhutang. Padahal sebenarnya orang juga tidak akan pernah peduli dengan penampilan glamor kita. Orang tidak akan pernah menghafal koleksi jam tangan kita, orang tidak akan pernah menghafal tas yang kita punyai. 

Mungkin sekali dua kali memang kita akan dipuji dengan penampilan kita yang berbeda. Tetapi setelah itu, orang juga tidak akan pernah mengingat-ingat kembali. Orang akan melupakan penampilan kita itu. Dan jika kita sadar dan kita perhatikan, bahwa hampir semua orang yang paling kaya di muka bumi ini justru mereka adalah orang yang paling sederhana dalam penampilan. 

Potongan rambut mereka sederhana, pakaian mereka sederhana, warna baju mereka juga sederhana. Misalnya Steve Job yang punya style penampilan yang sangat sederha. 

Selalu Menuruti Keinginan yang Tidak Terencana 

Sebenarnya kita tahu hal-hal penting untuk hidup kita. Kita juga tahu hal-hal yang benar-benar kita butuhkan. Tetapi kadang kita sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Kadang uang kita habis hanya karena untuk membeli barang-barang diskon atau flash sele. Barang-barang yang sebenarnya tidak benar-benar kita butuhkan. 

Memang kita akan mendapatkan diskon besar dari barang itu. Tapi pertanyaannya adalah, Apakah kita benar-benar butuh dengan barang itu. Jangan-jangan setelah itu barang tersebut hanya akan menjadi koleksi saja. Sekali kita pakai, kemudian setelahnya tidak pernah kita pakai kembali. 

Limbah Makanan 

Jika kita menghitung makanan yang kita buang selama satu minggu kadang kita punya keinginan yang berlebihan soal makanan. Kita lihat makanan yang lezat di toko a misalnya kita beli. Kemudian kita lihat lagi makanan di toko b dan kita beli lagi. 

Pada akhirnya sebenarnya kapasitas perut kita tidak muat untuk menampung makanan yang kita beli itu. Dan pada akhirnya makanan itu hanya kita makann sedikit saja, dan kemudian sisanya kita buang. Rata-rata orang membuang 30% dari makanan yang mereka beli. 

Produk-Produk Aneh 

Misal kita adalah orang yang gendut dan kita ingin menurunkan berat badan kita dengan diet, tapi kita juga malas untuk berolahraga. Entah berapa ribu produk obat herbal atau kimia dijual untuk menurunkan berat badan secepat kilat. 

Yang pada akhirnya hanya membuahkan penyesalan. Karena tidak kita berpikir ada sebuah produk diet teh kesehatan misalnya bisa menurunkan berat badan cepat kilat hanya dalam waktu satu minggu misalnya. 

Coba kita pikir lagi. Kelihatannya sih tidak mungkin. Kadang-kadang banyak orang tertipu dengan hal-hal yang seperti itu. Banyak sekali produk-produk aneh. Untuk itu kita kita pikir dulu untuk membeli barang tersebut. Apakah itu realistis atau tidak. 

Jika memang realistis, tanya kembali apakah produk itu sehat untuk dikonsumsi. Jika berat badan kita turun, tetapi obat itu merusak organ tubuh kita yang lain. Justru malah kemudian kita harus berobat karena kita mengobati organ yang sakit itu dan mengeluarkan lebih banyak lagi uang. 

Janji-Janji manis dan Keberuntungan 

Pesona iklan memang kadang menggiurkan. Tetapi mungkin hampir 90% iklan adalah berisi kebohongan. Di dunia Internet pernah viral seorang Budi Setiawan yang mengaku dirinya bisa menghasilkan ribuan dollar sehari hanya bekerja dari rumah. 

Pada kenyataannya dia adalah sebaliknya. Aktor iklan itu ternyata adalah seorang pemuda yang tidak begitu kaya yang seperti di iklan. Atau masih banyak lagi, banyak sekali orang yang tertipu investasi bodong di janjikan keuntungan yang sangat besar. 

Mereka ingin cepat kaya, tapi pada akhirnya justru uang mereka dibawa kabur entah kemana dan masih banyak janji-janji manis yang lain. 

Gadget dan Teknologi Terbaru 

Begitu banyak orang yang sebenarnya tidak punya uang tapi dia selalu mencoba untuk memperbarui perangkat gadgetnya setiap tahun untuk membuat orang-orang terkesan. Bahkan tidak sedikit orang mengeluarkan 20% dari gaji setiap bulannya untuk mencicil pembelian gadget yang mereka pakai itu. 

Setiap tahun, bahkan setiap bulan gadget baru akan bermunculan dengan fitur yang tentu lebih ditingkatkan dari seri yang sebelumnya. Tetapi pertanyaannya adalah apakah kita benar-benar butuh dengan fitur baru itu, atau hanya sekedar gimmick belakang. 

Membayar Bank 

Mungkin sebagian orang merasa terlihat keren ketika dia mempunyai banyak kartu ATM dan rekening bank di dompetnya. Tetapi sejatinya itu hanya membuang-buang uang. Setiap rekening yang kita buat pasti mempunyai komisi atau biaya dan ketika kita punya terlalu banyak rekening bank maka, semakin banyak pula potongan dan komisi yang harus kita tanggung setiap bulannya. 

Vape 

Bagian ini mungkin tidak perlu saya jelaskan lebih lanjut. Kita semua sudah tahu seorang ngevape aktif rata-rata mungkin menghabiskan uang 3 sampai 4 juta pertahun, atau 30 sampai 40 juta setiap 10 tahun hanya untuk mengotori paru-paru mereka. 

Kesehatan 

Banyak orang hidup sehari-hari untuk mencari uang dengan cara mengesampingkan kesehatan mereka. Padahal kesehatan adalah asset paling penting dari seorang manusia. Kadang orang memang bisa menabung sebagian uang mereka sampai menjadi banyak. 

Tetapi tidak sedikit pula orang yang menguras tabungan mereka itu dan tabungan mereka tiba-tiba habis untuk membayar kesehatan mereka. Bahkan tidak sedikit pula yang harus menjual semua aset yang dia miliki untuk membayar kesehatan mereka. 

Cobalah untuk menjaga kesehatan, makan makanan yang sehat, sesekali kita perlu untuk berolahraga dan sesekali juga kita perlu untuk medical check up dan yang terakhir mungkin kita perlu untuk mengikuti asuransi kesehatan. 

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel