8 Hal di Pagi Hari yang Akan Membuatmu Lebih Produktif

8 Hal di Pagi Hari yang Akan Membuatmu Lebih Produktif

Saat bangun tidur dan saat kita memulai rutinitas pekerjaan adalah waktu peralihan antara istirahat dan waktu produktif kita. Alhasil kadang kita mengisi waktu kita di pagi hari dengan cara tergesa-gesa dan kurang berkualitas. 

Padahal pagi hari adalah waktu yang sangat penting untuk menentukan kualitas hari kita. Bagaimana kemudian seharusnya kita mengawali hari. Dan pada artikel ini catatan baru akan berbagi tentang bagaimana orang-orang sukses mengawali hari mereka. 

Persiapan Dari Malam Sebelumnya 

Kadang pagi kita menjadi tidak berkualitas karena kita sibuk untuk membereskan banyak hal yang sebenarnya adalah hal yang sepele. Menyetrika baju, memasukkan laptop, catatan atau kertas-kertas ke dalam tas, menyemir sepatu, mencuci piring dan lain sebagainya. 

Belum lagi kita mungkin harus disibukkan untuk mencari kunci mobil atau motor yang terselip entah dimana. Dan berbagai macam hal yang membuat pagi kita menjadi sangat berantakan. Padahal hal itu bisa kita siapkan malam sebelumnya. 

Jika kita bisa menyiapkan hal-hal itu malam sebelumnya. Di pagi hari kita akan mempunyai banyak waktu untuk melakukan aktivitas yang jauh lebih bermakna. Selain itu kita juga akan lebih rileks, pikiran menjadi lebih tenang dan siap untuk menjalani hari-hari kita. 

Bangun sepagi mungkin kita semua tahu dan sadar bahwa kebiasaan ini sangat sulit untuk dilakukan. Kita sudah pasang alarm sepagi mungkin, tapi nyatanya sering kali kita gagal dan kalah dengan rasa kantuk kita. 

Kita selalu tergoda untuk menekan tombol tunda pada alarm yang sudah kita pasang itu. Nah inilah tantangannya. Memang kita harus memaksakan untuk bangun pagi. Sekali dua kali pasti akan sulit. Tetapi kalau kita sudah terbiasa semua itu akan menjadi ringan buat kamu. 

Yang muslim pasti kamu mengerjakan salat subuh, hindari untuk tidur lagi setelah salat. Segera merapikan tempat tidur dan langsung keluar dari kamar untuk melakukan sesuatu agar tidak terasa ngantuk lagi, dan dengan bangun lebih pagi kita akan punya lebih banyak waktu untuk menyiapkan hari kita. 

Beryukur 

Beryukur adalah cara untuk membuka pikiran positif kita. Syukuri apa yang bisa kita syukuri. Syukuri kita masih diberikan kesempatan dan kesehatan tubuh kita. Kaki kita sempurna, kulit wajah kita sempurna dan lain sebagainya. 

Banyak hal yang bisa kita syukuri di setiap pagi kita. Bersyukur juga secara ilmiah terbukti meningkatkan kebahagiaan dan dapat mengurangi stres. Luangkan setidaknya 10 sampai 15 menit untuk mencoba mensyukuri segala hal. 

Membuat Daftar Pekerjaan 

Menulis daftar pekerjaan yang akan dikerjakan hari itu juga hal ini sangat penting, agar kita bisa dengan jelas melihat kesibukan hari itu. Dengan membuat daftar pekerjaan, kita juga akan lebih mudah mengatur waktu kita, juga akan tahu seberapa sibuk dan berat tugas atau pekerjaan yang sedang kita hadapi. 

Sehingga kita punya kesadaran untuk melakukan persiapan secara psikis dan secara fisik. Ketika kita tidak punya daftar pekerjaan kita akan mudah lupa dengan tugas-tugas atau sesuatu yang harus kita kerjakan. 

Kita mungkin akan merasa santai dan bebas tugas. Padahal ternyata apa yang harus kita kerjakan itu jauh lebih banyak. Akhirnya pekerjaan akan menumpuk dan membuat kita kelimpungan di akhir waktu ketika kita ingat dengan pekerjaan yang terlupakan itu. 

Berpikir Positif 

Katakan hal-hal positif pada diri kita. Katakan bahwa diri kita hari ini tidak akan malas-malasan. Katakan bahwa diri kita adalah pemenang, katakan bahwa diri kita orang yang bisa bersahabat, katakan bahwa hari ini kita tidak akan banyak hambatan.

Hal ini dapat memberikan kekuatan dalam diri kita. Selain itu jangan lupa untuk berdoa memohon kepada Tuhan apa yang kita inginkan hari ini. Mintalah perlindungan kepada Tuhan agar dijauhkan dari marabahaya. 

Berinteraksi dengan Orang Terdekat 

Saling menyapa lewat chat dengan orang-orang terdekat kamu akan meningkatkan serotonin, rasa bahagia dan semangat. Mengawali hari dengan melakukan hubungan dengan orang yang kita cintai misalnya, dengan istri anak atau orang tua juga dapat memberikan kekuatan dan harapan baru untuk menjadikan hari ini menjadi jauh lebih baik. Kita juga akan lebih bersemangat dalam bekerja, semangat dalam belajar dan lain sebagainya. 

Update Berita Terbaru 

Sebelum kita pergi ke kantor, ke sekolah atau ke tempat aktivitas sehari-hari kita. Sebelum kita bertemu dengan banyak orang dan mengobrol dengan mereka. Kita perlu menyiapkan bahan obrolan ringan. Salah satu caranya adalah dengan bacaan update berita terbaru. Buka smartphone kita, buka Twitter apakah yang sedang trending hari ini. Buka YouTube, topik apa yang sedang diperbincangkan. 

Hal ini penting agar kita punya gambaran keadaan dunia secara luas. Selain itu membaca berita juga bisa membantu kita untuk memulai pembicaraan dengan orang lain. 

Menyempatkan untuk Sarapan 

Seharian ke depan kita akan butuh tenaga, kekuatan fisik yang mungkin akan terkuras. Oleh karena itu sarapan di pagi hari adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Dengan sarapan tubuh kita akan mendapatkan nutrisi untuk tetap bisa melakukan aktivitas yang kita lakukan dengan mempunyai cukup tenaga. Kita akan lebih bersemangat, tubuh tidak cepat lelah, pikiran juga akan lebih mudah fokus. 

Kalau perlu kita juga bisa menyiapkan camilan sehat, buah-buahan atau roti, atau sesuatu yang ringan untuk bekal aktivitas kita sebelum tiba waktu makan siang. 

Nah itulah beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membuat pagi hari kita lebih berkualitas.

Belum ada Komentar untuk "8 Hal di Pagi Hari yang Akan Membuatmu Lebih Produktif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel