-->

6 Pertanyaan Seputar Freelance yang Sering Ditanyakan

6 Pertanyaan Seputar Freelance yang Sering Ditanyakan

Kali ini aku akan membahas seputar pertanyaan-pertanyaan yang sering diajukan seputar freelance. Jadi aku banyak banget mendapatkan pertanyaan seputar freelance, dan biasanya pertanyaan-petanyaanya hanya itu saja. Maka di artikel kali ini catatan baru akan coba membahasnya. Oke langsung saja berikut adalah pertanyaan yang sering ditanyakan seputar freelance.

Apa itu Freelancer?

Sebetulnya  freelancer itu adalah sbutan untuk orang yang bekerja freelance, atau dalam bahasa Indonesianya adalah pekerja lepas. Jadi seperti devinisinya pekerja lepas, kita bekerja tidak untuk satu perusahaan atau satu instansi. Melainkan kita kerja lepas sesuai dengan projek yang kita tanganin pada  waktu itu. Jadi bedanya dengan karyawan, kalau karyawan itu dikontrak satu instani atau satu perusahaan dalam jangka waktu yang panjang. Sedangkan untuk freelance sendiri itu biasanya dikontrak berdasarkan perprojek atau per durasi projeknya.

Keuntungan jadi freelance dalam waktu bersamaan kita dapat bekerja di perusahaan A, Perusahaan B, Perusahaan C yang tentunya pendapatan freelanca akan jauh lebih banyak dari pekerja kantoran. Tapi itu bukan tolak ukur pasti besarnya pendapatan. Karena bisa jadi seseorang yang kerja kantoran yang sudah bekerja lama di kantor tersebut mendapatkan gaji yang lumayan juga.

Cuma kalau enaknya di freelance pendapatanya bisa mendapatkan banyak sumber  perusahaan bukan hanya satu perusahaan saja. Jadi kalau bisa disimpulkan bedanya karyawan sama freelance, kalau karyawan itu terikat dengan satu instansi dengan durasi yang panjang, sedangkan freelance tidak terikat dengan suatu instansi manapun, dia bekerja perproject atau perdurasi project yang telah ditentukan.

Kerjanya Ngapain Aja?

Buat temen-temen jangan salah artikan jika pekerja lepas atau freelance itu serabutan. Ya mungkin devinisi pekerja lepas jaman dulu, tapi kalau pekerjaan freelance saat ini pekerjaan freelance itu sesuai dengan bidang kita. Misalnya saya seorang freelance blogger, jadi kerjaanya ya seputar blogger. Nah kalau kalian punya keahlian dibidang desain mungin, atau foto, video dll ya nanti temen-temen pekerjaanya cuma itu saja, jadi bukan terus kalian ngerjain semua hal. Ya mungkin ada tipikal freelance yang model  begitu, tapi lebih bagus kalau kita fokus di satu bidang saja. 

Jam Kerjanya Kapan?

Nah ini cukup menarik. Jadi jam kerja freelance itu terserah kita, terserah temen-temen sendiri, tidak ada jam pastinya. Kalau kalian suka kerja saat malam hari, silahkan malam. Kalau kalian suka jam kerja siang hari, bisa di siang hari.

Jadi yang penting di freelance itu projectnya selesai sesuai deadlenya yang pasti. 

Bayaranya?

Di freelance sendiri ada dua tipikal pembayaran. Yang pertama itu ada fixed price, jadi kalau harga tetap ini kita diawal sudah tau total keseluruhan nilai projectnya, misalkan ada sebuah perusahaan pengen mendesain sebuah kampanya, nah nanti aku harus tentuin berapa total desain yang harus aku selesain diwal, kemudian baru munculah harganya. Atau sipihak client sendiri yang sudah menentukan harganya.

Yang kedua ada hourly rate, biasanya disukai oleh client luar negeri. Nah biasanya kalau luar negeri itu tarifnya per jam. Nah perjamnya berapa? nah itu dari temen-temen sendiri yang menentukan. Misalkan untuk freelance pemula bisa perjamnya 5-10 dolar. Nanti kalau temen-temen levelnya sudah meningkat bisa dinaikin sendiri. Nah nanti tinggal dikalikan berapa jam kalian berkerja dalam satu hari.

Nyari Project atau Dapat Client Darimana?

Ini juga banyak sekali caranya ya temen-temen. Tapi yang paling recomended coba temen-temen daftar di situs-situs freelance seperti fiver, upwork, freelance itu yang di luar negeri. Kalau yang di Indonesia itu ada sribulancer, project.co,id coba kalian coba daftar disitus tersebut. Kemudian nanti kalian akan mendapat banyak client dari situs itu. Tugasnya situs freelance itu hanya mempertemukan antara si calon client dengan freelance. Dan juga memadai pembayaranya, jadi nanti temen-temen pembayaranya akan aman di situ, karena si client sudah membayar terlebih dahulu di website itu kemudian ketika pekerjaan sudah selesai si website itu akan membayarnya ke kita. 

Apakah Menjadi Freelancer menjanjikan?

Jawabanya kalau ditanya ke saya itu iya. Karena saya sudah menekuninya selama kurang lebih 5 tahun. Nah kalau ditanya apakah gajinya besar, alhamdullilah semenjak saya memutuskan untuk resign dari pekerjaan saya dulu sampai sekarang menjadi freelancer pendapatan saya selalu meningkat. 

Itulah beberapa pertanyaan seputar freelance yang sering ditanyakan. Apakah kamu tertarik untuk memulai freelance?

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel