Tips Berinvestasi Emas untuk Pemula

Tips Berinvestasi Emas untuk Pemula

Pada artikel ini catatan baru akan memberikan satu topik yang sangat penting buat teman-teman investor pemula. Jadi buat kamu yang sudah mulai berinvestasi, sebenarnya investasi itu ada dua strategi pokok. Yang pertama adalah strategi Offense dan yang satu lagi adalah Strategi Defense. 

Strategi Offense merupakan strategi di mana kita menyesuaikan investasi dengan jangka panjang dengan kebijakan pemerintah saat ini dan untuk masa depan. Sedangkan Strategi Defense adalah strategi aset atau investasi yang untuk saat ini dan bisa juga untuk masa depan. 

Nah pada kesempatan ini catatan baru akan membahas investasi emas. Kira-kira investasi ini masuk kedalam investasi yang mana ya?

Kalau ngomongin tentang emas, bisa dibilang emas termasuk kedalam strategi defense. Karena emas  merupakan salah satu investasi yang cocok untuk saat ini. 

Meskipun sebagian mungkin ada yang menganggap bahwa investasi emas itu sebagai investasi, dan ada sebagian yang menganggap bahwa emas itu bukan inovasi. Sebenarnya ini sudah tidak jadi perdebatan lagi. Karena kedua hal ini mempunyai kesamaan. Yaitu karena harga emas memang kadang naik dan kadang turun. Nah misalkan buat kamu yang nggak beli investasi emas sebagai investasi, disisi lain kamu bisa menjadikan emas sebagai alat untuk defense. 

Misalkan takut uang kamu bakal hancur dan lain sebagainya. Emas bisa banget dijadikan sebagai alat untuk kamu disaat ekonomi yang tidak stabil. Justru investasi emas ini sangat berpotensi naiknya disaaat ekonomi tidak stabil seperti sekarang dibandingkan beberapa investasi lain.

Jadi investasi emas nggak ada ruginya. Kalau kamu misalnya punya penghasilan yang cukup untuk berinvestasi tidak ada salahnya untuk lebih rutin berinvestasi emas. 

Selain mungkin kamu punya investasi di tempat lain. Entah itu investasi reksadana, saham ataupun yang lainya. Tapi lebih baik lagi jika kamu memiliki kedua investasi tersebut, yaitu Offense dan Defense. Hal ini sangat pennting, karena supaya kamu tetep bisa Balance antara kedua investasi tersebut.

Misalkan kamu susah atau tidak memiliki uang yang cukup untuk membeli emas dalam 1 gramnya. Karena harga emas 1 gram untuk saat ini sudah mendekati satu juta, jadi mungkin itu susah untuk kamu membeli satu gram langsung.

Tapi sekarang banyak banget platform investasi emas yang memang menawarkan investasi emas dan kita tidak harus beli 1 gram. Bahkan ada beberapa platform yang menawarkan investasi emas mulai dari Rp100.000. 

Dengan nominal yang cukup terjangkau ini, bisa banget untuk kamu mulai investasi emas dan lebih konsisten. Misalnya bulan ini kamu mampu nya Rp.100.000 ya udah mulai dari Rp.100.000 aja dulu, yang penting konsisten.Meskipun memang tidak diharuskan. Tapi misalkan kamu bisa konsisten, hasil yang kalian dapatkan kedepannya akan lebih bagus. 

Nah yang menjadi PR bagi kamu sekarang. Menurut aku adalah untuk selalu membuat strategi Offense dan Defense. Dimana selain kamu mempunyai investasi reksadana, kamu juga punya potensi di investasi lain. 

Jadi kalau ada terjadi kondisi tertentu, misalnya seperti sekarang. Emas bisa banget dijadikan investasi, karena harganya tidak turun sama sekali. 

Intinya jika kamu mau investasi, kamu harus bisa menyeimbangkan antara investasi emas dan investasi lainya. Karena sebenarnya hasil dari investasi itu bisa kita raih dalam jangka panjang dan mungkin kita akan melihat nominal kecil saat ini.

Tapi kalau kamu nabung secara rutin secara tidak langsung dan nggak disangka, investasi tersebut tidak terasa sudah berkembang. Misalkan kamu sekarang menabung emas di tahun 2020 dan kamu nabung sampai 2030. Dalam beberapa tahun kamu sudah punya berapa gram, dan harga emas pada tahun 2030 tentunya sudah sangat berbeda dengan tahun ini. 

Untuk platformnya sendiri, ada beberapa situs investasi emas terbaik yang bisa kamu gunakan. Seperti Pegadaian Digital Service, Tokopedia Emas, BukaEmas dll. Dalam hal ini tentunya kamu harus memilih platform online yang sudah terdaftar dan terpercaya. 

Sebelum menggunakan kamu juga bisa melihat dari ratingnya. Jadi misalnya di Play Store misalkan bintangnya sudah di atas 4, itu sudah lumayan oke. Kalau masing bingung menggunakan platform yang mana, kamu bisa mencoba dari Rp100.000 misalnya, kemudian lihat perkembangannya. Kalau kamu merasa sudah oke, kamu bisa melakukanya secara rutin. 

Oke itulah artikel tentang cara berinvestasi emas untuk pemula yang bisa kamu coba. Intinya tetap sisihkan gajimu untuk investasi dimasa depan.

Belum ada Komentar untuk "Tips Berinvestasi Emas untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel