7+ Cara Mengatur Keuangan di Usia 20 an

7+ Cara Mengatur Keuangan di Usia 20 an

Untuk kamu yang berusia 20 tahun. Usia ini adalah usia yang krusial dan sangat penting untuk diperhatikan. Karena ini adalah pertama kalinya sebagian dari kita mendapatkan pekerjaan. Tentu kita akan sadar bahwa sekarang kita memiliki uang sendiri. Dan usia ini pula yang akan menentukan bagaimana kehidupan kita usia selanjutnya. 

Untuk itu sangat penting untuk menciptakan gaya hidup yang hemat, karena di usia 20 tahun merupakan usia terbaik untuk melakukan sesuatu dan menentukan jalan hidupmu kedepan. Untuk itu catatan baru berikan 9 rekomendasi dan tips untuk kamu yang berusia 20 tahun yang bisa kamu terapkan agar kehidupanmu di usia ini lebih terarah.

Menerapkan Hidup Sehat

Kesehatan memang selalu yang paling penting, karena di saat usia 20-an kadang kita merasa bahwa kita masih sangat sehat dan kuat, sehingga tidak peduli dengan kesehatan kita. Padahal kalau kita sakit misalnya yang sepele saja, sakit batuk misalnya, itu sudah membuat produktivitas kita menjadi menurun, untuk itu sangatlah penting untuk menjaga kesehatan supaya kita tetap bisa melakukan produktivitas seperti pada biasanya. 

Karena hemat tidak berarti kamu tidak memikirkan kesehatan kamu sama sekali. Misalnya kamu tetap makan makanan yang sehat bergizi hingga menerapkan berbagai gaya hidup sehat. Karena tentunya ketika kamu berada dilingkungan yang baru, lingkungan kerja misalnya. Gaya hidup kamu baru juga, kamu akan bertemu dengan teman-teman baru di tempat kerja kamu, dan mungkin pengaruh lingkungan akan berbeda juga .

Untuk itu hati-hati dengan lingkungan hangout kamu dan pastinya ketika kita bicara kesehatan sekarang, kita kita tidak tahu kedepanya akan terjadi apa-apa dengan diri kita. Untuk itu jika kita tidak menjaga kesehatan tersebut, bisa jadi kita terkena penyakit yang tidak murah untuk biaya perawatanya.

Ketika kita terkena penyakit yang besar maka pengeluaran yang harus kita keluarkan juga besar. Maka dari sekarang kamu sudah harus mulai berpikir tentang BPJS Kesehatan ataupun asuransi jiwa. Cobalah mulai membuat daftar-daftar yang bisa membuat kamu hidup lebih hemat dan untuk jaga-jaga juga kedepanya. Seperti yang disebutkan, kamu bisa membuat kartu BPJS Kesehatan atau asuransi jiwa.

Berlatih Menunda Pembelian

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap dari kita memiliki barang yang selalu ingin kita beli dan daftarnya tidak pernah berakhir. Mungkin hari ini kamu pengen beli baju baru, setelah terbeli besoknya ada lagi yang ingin dibeli. Nah untuk kamu yang ingin berhemat. Cobalah untuk menunda pembelian, pikir dulu barang yang akan kita beli kira-kira penting apa tidak untuk dibeli. 

Untuk itu kamu bisa mencoba dan memikirkan kembali tentang barang yang akan kamu beli. Coba tunggu satu minggu atau dua minggu lagi. Apakah kamu masih ingin membeli barang tersebut. Jika memang setelah menunggu selama seminggu dua minggu keinginannya masih sangat besar dan memang kamu membutuhkan. Maka kamu bisa membeli barang tersebut, tapi sebisa mungkin latih diri kamu untuk menunda pembelian. 

Cari Hiburan Gratis

Di usia ini kamu sudah memiliki uang sendiri. Jadi lumayan gampang untuk mengeluarkan uang tersebut untuk hiburan. Mungkin sebagian dari kita berfikir aku udah kerja susah-susah untuk mendapatkan uang untuk dipakai hiburan diri sendiri aja nggak bisa atau nggak boleh

Jadi kita memulai mengeluarkan uang berulang-ulang untuk aktivitas yang mahal. Misal nonton film di bioskop berkali-kali, makan di restoran yang mahal, mengunjungi tempat hangout cafe yang tentu saja semuanya akan menghabiskan uang kamu. 

Jika kamu ingin berhemat dalam pengeluaran kamu untuk mengunjungi tempat-tempat mahal tersebut yang mungkin kebetulan sedang Ada Band yang sedang manggung di mall tersebut. Maka itu adalah contoh liburan gratis tanpa kamu harus pergi ke konser atau tempat-tempat cafe-cafe mahal untuk menikmatinya. 

Membeli Barang yang Berkualitas

Memang ketika kita memikirkan membeli barang dengan harga mahal meskipun lebih berkualitas itu melawan intuisi, karena sebagian besar dari kita kita lebih cenderung untuk membeli barang yang harganya lebih murah, padahal mungkin kita akan lebih sering beli. 

Misalnya harga barang yang akan kamu beli Rp100.000, tapi kamu akan lebih sering membelinya karena daya tahannya tidak selama itu. Jadi setiap bulan kamu diharuskan untuk beli, sedangkan disisi lain ada satu barang lagi harganya Rp500.000, tapi bisa bertahan selama bertahun-tahun. Kira-kira mana yang kamu beli?

Kalau menurut aku demi berhemat lebih baik untuk membeli yang jauh lebih mahal, tapi juga jauh lebih tahan lama. Disisi lain ketika memakainya itu membuat kita terlihat lebih berkelas, karena barang yang kita beli lebih berkualitas. 

Berhenti Langganan yang Tidak Terlalu Penting

Banyak dari kita yang memiliki langganan tapi jarang dipakai. Misalnya kamu hobi olahraga, jadi kamu langganan ditempat gym. Disisi lain kamu adalah orang yang sibuk, yang belum tentu dalam setiap bulan kamu bisa datang satu keli ke tempat gym tersebut misalnya.

Ketika kita bicara tentang langganan yang tidak pernah dipakai tapi setiap bulannya, itu hanya memotong uang kamu. Dan untuk berhemat kita harus menghindari hal-hal tersebut. Jadi kalau memang kamu ingin olahraga lebih sehat di manapun sebenarnya kamu bisa. Dalam hal ini misalnya kamu olahraga keliling Kompleks, bersepeda, atau mungkin menggunakan fasilitas gratis lainya.

Pisahkan Rekening Pribadi dengan Rekening Tabungan

Memisahkan akun pribadi dengan akun tabungan itu sangatlah penting untuk mengatur pengeluaran. Misalnya kamu punya satu akun dipakai untuk belanja, kemudian yang satunya dipakai tabungan. Karena jika kamu hanya memiliki satu tabungan saja, bisa saja kamu belanja terus dan secata tidak sadar uang kamu akan habis. 

Memang agak repot jika kita mempunyai dua akun, karena kita harus mentransfer dari akun satunya ke akun yang lain.Belum lagi kalau bentuknya deposito yang tidak bisa kamu ambil. Jadi dengan melakukan hal ini kamu akan lebih menahan diri dan merencanakan pengeluaranya. 

Mencari Penawaran yang Lebih Baik

Biasanya kebiasaan ini muncul ketika kita sudah kepengen banget barang tersebut. Jadi tanpa pikir panjang ya sudah langsung beli saja. Tapi ternyata setelah dicek ditoko setelah harganya jauh lebih murah di tempat lain. 

Jadinya menyesal dan uang kamu hilang dengan cuma-cuma. Untuk itu sebaiknya ketika kamu akan membeli barang jangan lupa untuk selalu mencari alternatif lain.  Misal kamu melihat di mall ada barang bagus dan pengen beli. Coba tahan diri dulu dan coba cari di tempat lain atau mungkin di online yang harganya akan jauh lebih murah. 

Jangan Beli Untuk Sesuatu yang Dipakai Satu Kali saja

Memang ini tidak berlaku kepada semua jenis barang. Karena tidak semua jenis barang bisa dipinjamkan.Tapi ada beberapa barang yang sebetulnya lebih baik kamu pinjam, daripada barang yang ingin kamu beli hanya dipakai satu kali saja. 

Misalnya jadi buku. Buku yang akan kamu beli ini sifatnya hanya untuk mengerjakan tugas. Cobalah tahan diri kamu terlebih dahulu, kemudian kamu bisa menanyakan mungkin ada temen kamu ada yang punya. 

Cari Moment Terbaik

Di usia ini kamu sudah punya pendapatan sendiri. Ketika kamu ingin mentraktir diri sendiri untuk jalan-jalan mislnya, maka cobalah kamu jalan-jalan cari waktu yang tepat. Misalnya saat orang-orang tidak liburan di tempat tersebut. 

Misal kamu ingin liburan ke Jepang. Nah di Jepang akhir Maret hingga April sangat padat karena memang musim liburan di sana. Jadi orang pergi ke sana untuk melihat Sakura. Maka di saat musim liburan bisa jadi semua akan ikut mahal juga, misal tiket mahal, penginapan mahal, makanan jadi lebih mahal. 

Jadi ketika kamu liburan, coba cari waktu yang tepat di mana tempat yang kamu kunjungi sedikit penginapannya jauh lebih hemat. Kamu juga dapat menikmati kotanya dengan lebih nyaman, karena tidak banyak yang sedang berkunjung kesana. 

Nah itu adalah beberapa tips mengatur keuangan diusia 20-an yang bisa kamu terapkan. Ingat ini adalah usia yang sangat penting bagi kamu untuk memulai gaya hidup hemat. Karena kalau kamu salah langkah sedikit saja maka itu akan mempengaruhi gaya hidup kamu ke depannya. Jadi disiplin pada diri sendiri itu sangat penting. Coba ajarkan diri kamu untuk menilai sesuatu barang atau kegiatan yang ingin kamu beli apakah bermanfaat atau hanya untuk keinginan sebentar saja.

Belum ada Komentar untuk "7+ Cara Mengatur Keuangan di Usia 20 an"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel