-->

7 Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Menulis

7 Cara Menghasilkan Uang dari Hobi Menulis

Daripada kamu cuma nulis tiap hari di story instagram atau buku diary. Mendingan kamu manfaatkan kemampuan menulis tersebut untuk menghasilkan uang. Karena saat ini ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk menyulap hobi kamu menjadi pundi-pundi rupiah. Nah pada kesempatan ini catatan baru bakalan merangkum tentang 7 cara menghasilkan uang lewat tulisan yang bisa kamu coba.

Membuat Blog

Yang pertama kamu bisa membuat sebuah blog untuk mendapatkan uang dari internet melalui menulis. Sebenarnya cara mendapatkan uang dari blog itu hampir sama dengan YouTube, hanya saja blog dalam bentuk tulisan, sedangkan YouTube berupa video. 

Jadi kamu hanya perlu membangun blog, kemudian tinggal tulis banyak-banyak artikel. Dalam hal ini jika kamu ingin cepat menghasilkan uang dari blog, buatlah niche yang spesifik dan rajin update artikel. Misal blog yang kamu buat khusus membahas kuliner blog travelling jadi blog kamu hanya membahas topik apapun yang berkaitan dengan travelling.

Penghasilan dari blog tergantung dari berapa banyak orang yang berkunjung ke blog kamu. Semakin menarik konten yang kamu buat, biasanya semakin banyak juga pengunjung yang membaca artikel kamu. Dan tentunya karena pengunjung kamu banyak, maka penghasilan kamu akan meningkat juga.

Content Writer

Content writer sekarang lagi banyak banget dicari oleh pemilik situs lho. Karena biasanya mereka cuma bisa bikin situs, tapi mereka nggak punya waktu luang untuk mengisi dengan situs tersebut dengan tulisan. Dari alasan tersebut banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk content writer untuk menulis di situs yang mereka miliki.

Biasanya seorang content writer akan dituntut untuk bisa menulis berbagai topik. Misalnya situs yang mereka miliki tentang kuliner, jadi kamu dituntut untuk bisa menulis berbagai topik yang masih membahas seputar kuliner.

Penghasilan yang didapat dari content writer tergantung dari kesepakatan kedua belah pihak. Semakin kamu punya pengalaman dan kemampuan yang mempuni dan pemilik situs tersebut sudah mempercayai kemampuan kamu dalam menulis,maka akan tinggi juga uang yang akan kamu hasilkan.

Jadi Kontributor

Sebenarnya menjadi kontributor hampir sama dengan content writer, karena ia bertugas memproduksi tulisan juga. Hanya saja yang membedakan, jika menjadi content writer, dia memang sudah ada perjanjian dengan pemilik website. Sedangkan kontributor, penulis tersebut tidak memiliki keterikatan tertentu dengan pemilik situs. 

Untuk jadi kontributor situsnya ada banyak sekali yang memang membuka kesempatan untuk menulis di situs mereka. Kalau di Indonesia sendiri ada beberapa situs yang bisa gunakan, seperti IDN Media, Babe, UC News dll. 

Enaknya jadi kontributor, kamu bisa menulis sesuai dengan minat kamu. Karena biasanya ada berbagai macam Niche atau kategori yang bisa kita pilih disitus tesebut. Misal kamu hobi kuliner, kamu bisa nulis tentang topik apapun yang masih berkaitan dengan kuliner.

Selain itu kontributor juga sifatnya lebih bebas. Kalau content writer biasanya memang terikat, seperti dituntut untuk dalam satu bulan harus memproduksi beberapa artikel. Tetapi untuk kontributor sendiri itu lebih bebas mau nulis apa nggak, itu nggak masalah. 

Hanya saja kalau content writer keuntungannya bisa langsung bikin perjanjian dengan punya situs. Jadi dia ada kepastian penghasilan. Maksudnya jika kamu bisa memenuhi target, kamu akan dapat segini. Tapi kalau kalau kontributor itu biasanya tergantung jumlah view yang membaca artikel yang kamu buat. Jadi semakin banyak view pada artikel yang kamu publish, maka sebagian banyak juga uang yang kamu dapatkan. 

Mengirimkan Tulisan ke Media 

Kamudian cara menghasilkan uang dari menulis selanjutnya adalah, kamu bisa mengirimkan karya tulisan kamu ke media. Disini tentunya kita tidak perlu menyiapkan tulisan yang terlalu panjang, karena tulisan ini berupa artikel dan akan terbit pada saat itu juga.

Tulisan yang dibutuhkan untuk dikirim ke media dibagi menjadi dua macam. Yaitu ada jenis fiksi dan non. Fiksi biasanya seperti cerpen atau puisi dan kalau yang non fiksi berupa artikel. 

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan media konvensional atu media online. Media konvensional seperti surat kabar, majalah, tabloid. Sedangkan media online ada banyak sekali yang bisa kita gunakan. Karena memang saat ini ada banyak media yang menampung karya-karya penulis. Untuk situsnya sendiri kamu bisa cari sendiri di Google. 

Berapa sih penghasilan nulis di media? bayarannya itu tergantung kebijakan media itu sendiri. Karena setiap media tentunya mempunya tanda bayar yang berbeda-beda. Kalau yang aku tahu itu Rp150.000 sampai ada yang satu jutaan. Kembali lagi tergantung dari medianya. Jika media yang kamu gunakan besar, tentu saja semakin besar penghasilan yang akan kamu dapatkan. Tetapi semakin besar medianya, biasanya semakin berat juga seleksi dan semakin sulit untuk diterima tulisan kamu ketimbang di media yang kecil.

Menulis Naskah Film

Selanjutnya kamu bisa menulis naskah film atau sinopsis film.Memang untuk menulis naskah film lebih cenderung ribet dan juga tidak gampang untuk mengirimkan sebuah naskah kemudian bisa diangkat jadi sebuah film. 

Karena tentunya membutuhkan proses yang cukup panjang. Tapi di sini kamu bisa menulis sinopsis film. Karena sinopsis film itu banyak sekali yang membutuhkan. Salah satunya seperti film FTV yang membutuhkan produksi banyak film. Dari hal ini tentunya mereka membutuhkan ide-ide cerita yang baru. 

Itulah kenapa sinopsis film ini merupakan salah satu peluang untuk kamu yang suka bikin cerita untuk mencari uang. Jadi kamu perlu menulis kerangka film, ide cerita, alurnya dll. Biasanya mereka hanya butuh satu atau dua lembar saja.

Ketika kamu sudah berhasil membuatnya, kamu bisa langsung mengirimkanya ke perusahaan yang memproduksi film, dan tentunya kamu akan dibayar dari sinopsis yang kamu kirimkan. Bayaranya juga cukup lumayan lho, yaitu sekitar 500 sampai 1 juta.

Menerbitkan Buku

Selanjutnya kamu bisa menerbitkan buku untuk mendapatkan penghasilan uang dari menulis. Disini ada dua jenis buku yang bisa kamu pilih untuk diterbitkan. Yaitu ada buku jenis nonfiksi yaitu seperti buku pelajaran, buku resep, buku tutorial dll. Sedangkan untuk buku fiksi yaitu buku yang sifatnya karangan belaka, seperti novel, cerpen, syair, puisi dll.

Untuk menerbitkan buku kita memerlukan bantuan penerbit. Nah penerbit itu sendiri dibagi menjadi tiga jenis, tapi yang kali ini yang saya bahas hanya dua saja, karena dua jenis penerbit ini yang sering digunakan. Yaitu ada penerbit mayor dan penerbit indie. 

Untuk penghasilannya sendiri tergantung dari kesepakatan perusahaan dengan penulisnya di awal. Jadi ketika kita menerbitkan buku pada saat itu kita membuat perjanjian dengan penerbit tersebut. Biasanya penerbit memiliki ketentuan yang berbeda-beda. Untuk penerbit mayor biasanya penulis akan dibayar dengan beberapa cara, salah satunya adalah menggunakan sistem royalti. 

Sedangkan penerbit indie semuanya diurus oleh penulis itu sendiri. Mulai dari menulis penerbitan buku, pemasaran hingga menjualkan. Dengan kata lain jumlah pendapatan kita tergantung pada diri kita sendiri. Karena kita sendiri yang mengeluarkan modal, jaadi kita tahu kira-kira mau dapat untung berapa.

Entry Data

Petugas entry data biasanya banyak diperlukan oleh mereka yang punya big data, tapi mereka tidak mempunyai banyak waktu untuk mengerjakanya. Biasanya mereka kemudian mencari orang untuk membantu menginput data yang mereka punya. 

Pekerjaan ini cenderung lebih simpel dan mudah dilakukan, karena tidak diperlukan keahlian menulis untuk menjadi entry data. Hanya saja kamu harus lebih tlaten telaten untuk nulis dan mindahin dari satu satu tempat ke tempat lain. 

Sekarang ada banyak sekali lowongan kerja online input data yang bisa kita kerjakan dirumah saja, kamu bisa cari secara  online. Namun yang perlu diperhatikan kamu harus survei terlebih dahulu perusahaan yang akan kamu lamar, karena ada yang memanfaatkan ini hanya sebagai modus belaka.

Jadi itulah 7 cara menghasilkan uang lewat tulisan yang mungkin dari salah satu bisa kamu pilih. Terus tingkatkan kemampuan kamu dalam menulis. Karena semakin bagus kemampuan menulis yang kamu miliki, maka semakin bagus juga hasil yang akan kamu dapatkan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel