Penyebab Laptop Cepat Panas yang Harus Kamu Waspadai!

Penyebab Laptop Cepat Panas yang Harus Kamu Waspadai!

Tidak bisa dipungkiri bahwa laptop yang panas akan mengakibatkan beberapa komponen laptop cepat rusak. Pada artikel ini admin akan mengulas tentang beberapa penyebab sekaligus tips mengatasi laptop cepat panas supaya anda tidak lagi khawatir atau panik ketika menghadapi situasi semacam ini. Para pemilik komputer jinjing atau laptop pasti sering megalami laptop yang suhunya sangat panas secara perlahan ketika digunakan. 

Pada beberapa kasus bahkan suhu laptop ini bisa naik secara signifikan dan mendadak. Kadangkala suhu laptop yang naik dan kita tidak segera mengatasi laptop cepat panas ini membuat para pemakainya khawatir dan merasa tidak nyaman ketika menggunakannya. 

Sebagaimana kita tahu, ketahan laptop itu jauh berbeda dengan PC pada umumnya. Memang laptop terlihat lebih praktis dan modern dripada PC, namun bentuknya yang sangat langsing tetapi memiliki performa dan program yang hampir sama dengan PC membuat laptop memerlukan perhatian ekstra di sini. 

Pada beberapa kasus suhu laptop yang exstrim, panas bisa membuat performanya menjadi turun, laptop menjadi lambat dan bahkan mati secara mendadak. Oleh karena itu, kami akan mengulas tentang cara mengatasi laptop cepat panas

Mengatasi Laptop Cepat Panas

Sebelum anda mencoba tips mengatasi laptop cepat panas, ada baiknya anda juga waspada pada faktor yang menyebabkan kondisi ini

Kualitas baterai yang buruk. Pada beberapa jenis laptop, mereka menggunakan baterai dengan kualitas yang buruk dan tidak kompatibel. Baterai yang buruk menyebabkan semacam “ledakan” pada laptop yang juga menaikan suhunya.

Bermain game pada laptop. Game yang saya maksud disini adalah game dengan bitrate yang sangat besar, apalagi laptop anda bukan tipe yang dirancang khusus untuk bermain game. Game dengan bitrate besar membutuhkan performa dan kinerja tinggi dari laptop sehingga menyebabkan naiknya suhu laptop kita.

Meletakan laptop di atas tempat yang empuk sehingga menghalangi fan atau sirkulasi udara pada laptop bekerja sempurna.

Melakukan overlock yang secara tdak langsung memaksa laptop kita beserta hardwarenya untuk bekerja lebih keras.

Memakai laptop terlalu lama

Pada prosesor, terdapat arus masuk yang terlalu tinggi sehingga suhu laptop pun ikut naik. Setelah mengerti penyebabnya, sekarang mari kita bahas tips mengatasi laptop cepat panas ini Lakukan pemeriksaan pada fan prosesor. Pemeriksaan fan atau kipas adalah yang paling dasar anda lakukan. Pastikan tidak ada debu atau kotoran yang meperngaruhi fan bekerja sempurna.

Selain fan, bersihkan juga ventilasi udara pada laptop anda. Debu dan kotoran yang menyumbat ventilasi udara menyebabkan suhu laptop mudah naik dan panas.

Periksa juga kondisi thermal paste. Thermal paste yang sudah mengeras tentu saja tidak efektif menjaga suhu laptop. Jika thermel paste sudah mengeras segera ganti dengan yang baru. Beli aksesoris pendingin laptop seperti coolingpad yang akan membantu anda mengatasi laptop cepat panas.

Laptop yang mudah panas tidak hanya mengkhawatirkan tetapi juga sangat mepengaruhi kinerja laptop kita. Semoga beberapa penyebab dan tips mengatasi laptop cepat panas di atas bisa menjadi rujukan anda ketika dihadapkan pada kondisi ini.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Laptop Cepat Panas yang Harus Kamu Waspadai!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel