-->

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Tidak bisa dipungkiri bahwa dalam kehidupan berumah tangga melakukan pengelolaan keuangan sangatlah penting, apagi bagi kamu yang berpenghasilan minim. Dari hal tersebut catatan baru akan memberikan tips untuk kamu dalam mengatur keuangan, supaya antara pemasukan dan pengeluaran seimbang dan berjalan dengan baik. 

5 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Penghasilan Minim

Mengelola Pengeluaran Sosial

Mengelola Pengeluaran Sosial

Cara mengelola keuangan yang pertama adalah mencatat pengeluaran-pengeluaran sosial. Bagi kamu yang beragama muslim pastinya sudah tahu bahwa 2,5% dari harta yang kamu miliki adalah hak orang lain. Dari jumlah pengeluaran 2,5% untuk orang lain, tentunya kita masih dapat dapat keuntungan 97,5%. nggak ada ruginya kan. Dalam hal ini kategori pengeluaran sosial juga ini bisa digunakan untuk sedekah ke orang yang kurang mampu, orang tua dan lain-lain.

Mengelola Pengeluaran Hutang

Mengelola Pengeluaran Hutang

Untuk kamu yang sudah punya cicilan ke suatu bank apalagi casnya ini KTR kamu harus benar-benar menyelesaikan tepat waktu. KTR itu kalau misalnya kamu enggak bayar dalam beberapa bulan atau beberapa tahun kredibilitas kamu ini sangat dipertaruhkan. Karena begitu kamu mengajukan ke bank lain untuk meminjam uang lagi, pastinya bank lain ini memperhatikan dan mencari history kamu. Nah untuk itu jangan sampai hilang atau utang ini kamu biarkan, kamu harus selesaikan sampai tuntas. 

Investasi

Investasi

Kalau kamu sudah menyelesaikan kedua hal diatas. Kemudian yang ketiga, kamu bisa melakukan investasi. Beberapa orang mungkin tidak mau mengambil resiko untuk investasi. Padahal sudah pasti jika investasi resikonya tinggi, maka keuntungannya juga pasti tinggi.

 Dalam hal ini ada beberapa investasi yang bisa kamu pilih; 

Saham

saham merupakan surat berharga yang menunjukkan kepemilikan atas suatu perusahaan. Jadi kamu itu sebagai investor atau pemodal yang menanamkan modal kepada suatu perusahaan. Kemudian perusahaan ini akan mengembangkan uang yang dia terima. 

Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan. Karena kamu bisa jual saham tersebut dibeberapa periode kedepan. Selain itu kamu juga bisa mendapatkan deviden atau keuntungan dari perusahaan yang kamu pilih.

Untuk modal main saham itu berapa sih? Lalu gimana caranya untuk daftar komponen di saham itu ada apa saja? Jadi komponen yang pertama dalam saham adalah kamu atau modal atau investor, kemudian komponen nomor yang kedua adalah suatu perusahaan kalau di Indonesia sering disebut Bursa Efek Indonesia.

Jadi perusahaan ini akan menawarkan siapa saja yang mau modalin perusahaan tersebut di bursa saham. Terus gimana kamu bisa menanam modal atau sebagai investor diperusahaan tersebut? Caranya adalah menggunakan komponen yang ketiga yaitu sekuritas. 

Sekuritas ini adalah jasa yang akan menghubungkan kamu sebagai investor ke suatu perusahaan tersebut. Dimana ada banyak pilihan sekuritas yng bisa kamu gunakan. Salah satunya adalah Bank Mandiri. Ada banyak lagi sekuritas yang bisa kamu pilih, tinggal pilih saja kira-kira sekuritas mana yang lebih baik. Tetapi sebenarnya sama saja, karena setiap sekuritas ada plus minusnya. Untuk itu tentukan yang menurut kamu terbaik. 

Keuntungan dari saham ini terbilang tinggi. Semakin tinggi resikonya maka akan semakin tinggi juga keuntungan dari saham tersebut. Bisa 10 sampai 25% bahkan lebih, tergantung dari grafik perusahaan yang kita tanamkan modal tersebut. 

Dalam hal inikita juga bisa melakukan diversifikasi atau menanamkan modal di beberapa perusahaan. Mungkin yang pertama kamu bisa menanamkan saham di perusahaan batubara, lalu yang kedua mungkin di bidang kesehatan dan bidang-bidang lainnya. Untuk mendapatkan investasi terbaik kamu bisa menganalisa historical dan teknikal supaya kamu mendapatkan hasil yang maksimal. 

Obligasi 

Obligasi merupakan surat berharga atau surat perjanjian antara kamu sebagai pemodal atau investor dengan suatu perusahaan atau negara. Memang sekilas mirip dengan saham. Pengertiannya juga nggak beda dengan saham. Jadi di obligasi itu adalah surat perjanjian dalam periode waktu yang sudah ditentukan, biasanya dalam waktu 1-3 tahun. 

Obligasi banyak diminati oleh kaum milenial, karena di Indonesia sendiri sekarang pemerintah sudah melakukan atau mengeluarkan adanya obligasi ritel Indonesia. Hari ini sudah ada beberapa seri yang dikeluarkan. 

Jadi cara kerja obligasi misalnya seperti ini. Misal pemerintah mau ngajak masyarakat Indonesia, siapa nih yang mau berpartisipasi dalam pembangunan di Indonesia, yaitu pembangunan jalan atau pembangunan lainnya dengan cara melakukan obligasi atau surat berharga dengan pemerintah. 

Biasanya dalam jangka waktu tertentu 1 atau sampai 3 tahun biasanya dalam periode tertentu kamu dalam setiap tahun akan mendapatkan porsi suku bunga sebanyak 6,8%, setelah jatuh tempo nanti di tahun ketiga uang yang kamu tanam tidak akan terganggu sedikitpun. 

Reksadana

Yang nomer tiga ada investasi reksadana. Reksadana merupakan manajemen keuangan yang bergerak menggunakan manajer investasi. Investasi reksadana menggunakan manajer investasi yang tentunya sangat cocok buat kamu yang tidak ingin mengambil resiko terlalu tinggi. Keuntungan dari investasi reksadana sendiri bisa 6,8% hingga 20% pertahun. 

Pengelolaan Keuangan Untuk Biaya Hidup

Pengelolaan Keuangan Untuk Biaya Hidup

Jika kamu sudah melakukan pengeluaran untuk pengeluaran sosial, pengeluaran hutang dan lain-lain. Barulah kamu memikirkan untuk biaya hidup. Biaya hidup ini bisa untuk makanan sehari-hari, belanja, liburan dll.

Dalam hal ini kamu harus bisa memprioritaskan mana biaya hidup yang fix mana biaya hidup yang fleksibel. Maksudnya seperti ini bayangin deh kamu punya mengkok kosong, lalu di sebelah kanan kamu ada batu di sebelah kiri kamu ada pasir. Kira-kira menurut kamu benda manayang akan kamu pilih? 

Kalau saya pribadi akan memilih batu. Karena pasir bisa masuk di celah-celah, sedangkan batu tidak bisa. Mungkin bisa diibaratkan seperti itu. Begitupun dalam biaya hidup yang fix ini sudah pasti seperti biaya makan sehari-hari, biaya bulanan dll. Sedangkan yang fleksibel seperti shopping dan liburan dll. Untuk itu kamu harus bisa memprioritaskan supaya pengelolaan keuangan kamu berjalan dengan baik.

Membangun Usaha

Membangun Usaha

Jika kamu sudah mencukupi semua kebutuhan diatas, yang terakhir adalah gunakan juga penghasilan kamu untuk membangun usaha. Dalam hal ini kamu bisa membangun usaha yang berkaitan dengan hobi atau kesukaan kegiatan yang kamu sukai.

Tetapi kamu juga harus menganalisa resikonya. Intinya dalam hal ini jangan pernah menyimpan uang, karena uang yang kamu simpan di bawah kasur atau di bank tidak akan jadi apa-apa dan tidak akan berkembang. 

Mungkin itu beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk mengatur keuangan rumah tangga. Meskipun gaji kamu kecil asal kamu bisa mengatur pengeluaran, kamu pasti masih bisa mencukupi kebutuhan sehari-jhari, bahkan membuat usaha untuk dikembangkan.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel