4 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula

4 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula
Hay, kali ini catatan baru akan membahas bisnis plan atau rencana bisnis untuk memulai bisnis online. Banyak diantara kita yang bingung mulai bisnis online itu dari mana. Karena mungkin nggak tahu sama sekali atau mungkin karena baru tahunya belum lama ini. 

Dalam membangun atau membuat bisnis online yang pertama kita perlu membuat bisnis plan atau rencana bisnis. Karena kalau kita tidak punya rencana, itu ibarat kita membangun sebuah rumah tanpa pikir panjang langsung belanja bahan baku, beli batu bata, semen dan lain sebagainya.

Trtapi kita belum gambar polanya seperti apa, desainnya seperti apa. Untuk itu kita perlu menggambar dan membuat setting terlebih dahulu. Supaya bisnis online yang kita jalankan bisa tumbuh seperti halnya bisnis konvensional lainnya.

Mencari Produk yang Unik

Mencari Produk yang Unik
Supaya kita bisa sukses dalam memulai bisnis online. Hal yang pertama yang harus kita lakukan adalah mencari produk yang unik. Karena dengan memilih produk yang unik akan menjadi nilai tambah bagi toko yang kamu kelola.

Misalkan kamu jualan snack makaroni. Tentunya banyak dong yang jual snack makroni juga diluaran sana. Untuk itu kamu harus punya nilai tambah untuk makroni yang kamu jual tersebut. Dalam hal ini kamu bisa memberikan level rasa, level pedas atau mungkin berbagai macam rasa.

Tetapi jika di luaran sana sudah umum dan sudah banyak yang menjual sedemikian rupa. Kamu bisa mengembangkan lagi dengan kemasan dibuat dengan lebih menarik. Misalnya dengan warna yang mencolok, sehingga ketika konsumen liat langsung ngiler, rasanya pengen coba, langsung pengen beli, pengen buka, pengen cepet makan. Nah itu salah satu contoh nilai tambah yang bisa kamu coba untuk produk yang akan kamu jual.

Melakukan Analisa Pasar

Melakukan Analisa Pasar
Kemudian melakukan analisa pasar. Selanjutnya yang perlu kamu lakukan adalah menganalisa pasar dulu, kira-kira produk yang akan kamu jual itu produk di segmen mana. Misalkan tadi jualan makaroni. Makaroni itu segmennya ke anak-anak, remaja atau dewasa. Itu harus kamu tentukan terlebih dahulu.

Kalau sudah kamu tentukan pasarnya, kemudian kamu sudah tau akan tahu model kemasan yang akan digunakan, cara penjualan yang akan dilakukan, dan yang lain-lain baru kamu jual produk tersebut. Melakukan analisa itu sangat penting karena dari situ kamu akan tau apa yang diinginkan oleh konsumen.

Beriklan

Beriklan
Sejatinya semua produk itu harus kita tawarkan. Bahasa sederhananya produk itu harus kita iklankan. Kita bisa tahu beberapa brand atau produk yang terkenalpun masih melakukan iklan. Seperti Aqua salah satunya. Siapa sih yang nggak tahu produk yang satu ini?

Saya rasa seluruh Indonesia pasti tahu produk Aqua. Tetapi sampai sekarang mereka selalu melakukan iklan di TV, di baliho, hingga di toko-toko dengan tulisan Aqua. Dari hal tersebut. ternyata produk walaupun sudah besar, juga perlu diiklankan.

Apalagi produk kita yang baru. Tentunya harus diiklankan supaya orang menjadi tau dan target pasar kitapun menjadi luas. Di zaman sekarang kamu tidak usah bingung iklan dimana, karena kamu bisa beriklan dengan mudah, seperti di Facebook, IG, marketplace atau mungkin melalui WA.

Setelah itu kita tentukan kira-kira produk yang kita jual pasarnya akan kemana. Misalkan kayak ke remaja, berarti pasar yang kita tuju antara usia 17 sampai 25 tahun. Dalam hal ini kita bisa menggunakan IG untuk beriklan, karena seperti yang kita tau bahwa para remaja cenderung lebih suka menggunakan IG.

Dalam beriklan, kamu juga bisa menggunakan Facebook dan Instagram ads. Dimana kita bisa setting mau beriklan di kota mana, gendernya apa, kemudian usianya berapa. Dengan hal ini kita bisa tentukan sesuai target pasar kita.

Setelah kita tentukan dimana kita akan beriklan. Selanjutnya kita tentukan budget untuk iklan tersebut. Karena setiap iklan pasti mempunyai budget dan anggaran dana. Misalkan perbulan kita punya uang Rp1.000.000 untuk beriklan.

Dari anggaran Rp1.000.000 kemudian kita bisa bagi. Misalkan Iklan ke Facebook Rp300.000 untuk satu bulan, kemudian Instagram Rp300.000 untuk satu bulan dan misalkan Rp400.000 dalam satu bulan.

Jadi kita tentukan budgetnya, kemudian kita tentukan target penjualan. Karena target penjualan ini penting sekali. Ibarat kita nyetir motor itu kita nggak tahu arah tujuan kita. Sama seperti kita jualan menggunakan Facebook ads tapi nggak tahu arah tujuannya kemana. Jadi semakin jelas target kita, maka semakin spesifik dan semakin mudah kita untuk menentukan goal kita.

Tentukan Rencana Produksi

Tentukan Rencana Produksi
Jika kamu pengen sukses dalam bisnis online. Mulai dari awal membangun bisnis, kita harus tentukan dulu kira-kira mau produksi sendiri atau beli di supplier. Misalnya kayak tadi makaroni, mau produksi sendiri atau mau beli di supplier.

Nah kalau produksi sendiri kita harus tahu juga bahannya, belinya di mana, harganya berapa, kemudian bagaimana prosesnya. Karena menguasai pesanan itu sangat penting. Jika kamu belum menguasai ya kamu harus belajar dulu. Baru nanti ketika enak dan sudah layak untuk dijual baru bisa kamu jual.

Kemudian jika kamu beli ke supplier, kamu harus tahu juga belinya dimana, cara pembayarannya bagaimana, caranya tempo atau cash, atau mungkin ketika barang sampai baru dibayar atau ketika barang mau dikirim baru kita bayar. Itu harus kita tahu cara-cara pembayarannya ke supplier.

Selanjutnya ketika kamu beli ke supplier itu cara penyimpanan barangnya seperti apa, soalnnya kalau makanan kadang riskan sekali. Misalkan kita jualannya Frozen, makanan yang dibekukan. Tentunya kita harus sedia kulkas untuk mendinginkan barang teresebut. Jikalau tidak punya pasti akan rusak dalam waktu yang tidak lama. Oleh karena itu kita harus perhatikan bagaimana cara menyimpan barang tersebut.

Nah itu bagaimana 4 cara memulai bisnis online dari nol. Tentunya kita harus membuat atau membangun bisnis online terlebih dahulu. Ketika kamu sudah bisa memahami beberapa poin-poin diatas, tinggal nanti dalam perjalanannya kamu benahi, kira-kira mana yang perlu kita benahi, kemudian kita sempurnakan.

Karena kita tidak mungkin bisa menyempurnakan ketika di awal membangun bisnis. Kita baru bisa menyempurnakan ketika bisnis tesebut sudah jalan.

Belum ada Komentar untuk "4 Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol Untuk Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel