-->

11+ Manfaat Daun Bidara Arab Dan Cara Menggunakannya

Gambar pohon bidara dan daunya
Daun bidara, mungkin bagi sebagian orang yang hidup di kota asing dengan nama tumbuhan yang satu ini. Bidara merupakan tumbuhan yang menghasilkan buah bidara. Tanaman ini bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 20 meter, dan biasanya hidup di daerah yang tidak memiliki banyak air, atau kering, di Indonesia sendiri kita masih bisa menjumpai tumbuhan ini diperkebunan.

Namun karena kurangnya pengetahuan, sayangnya banyak orang yang menganggap bahwa tanaman ini adalah tanaman biasa. Padahal tumbuhan ini memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh kita, mulai dari kesehatan, sampai untuk kecantikan, berikut adalah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari daun bidara.

Membuat kulit lebih cerah

Daun bidara sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk membantu menjaga kecantikan, hal ini memang benar. Karena daun bidara memiliki beberapa kandungan yang dapat meregenerasi kulit, sehingga kulit wajah menjadi nampak lebih cerah daripada sebelumnya.

Cara menggunakanya cukup mudah, kamu hanya perlu menumbuk daun bidara sampai halus, kemudian menjadikanya sebagai lulur pada wajah selama beberapa menit.

Melindungi kulit

Aktivitas sehari- hari bisa saja menyebabkan kulit kita menjadi kurang sehat, mungkin karena terkena paparan sinar matahari, terkena polusi ataupun hal lainya. Dengan mengaplikasikan daun bidara pada kulit dapat melindungi kulit dari sinar UV, sehingga kulit akan tetap terjaga kesehatanya.

Dalam hal ini kamu bisa juga mengaplikasikan daun bidara sebagai masker wajah, tepatnya pada pagi hari, sebelum kamu melakukan aktivitas.

Mengatasi jerawat dan komedo

Jerawat dan komedo merupakan masalah pada kulit wajah yang sangat mengganggu, karena walaupun hanya berupa titik atau bintik kecil, namun tentu saja bisa menurunkan kepercayaan diri seseorang.

Dalam hal ini kita bisa memanfaatkan daun bidara untuk mengatasi kedua masalah tersebut, karena daun bidara memiliki kandungan antibakteri yang dapat menghilangkan bakteri penyebab timbulnya jerawat dan komedo.

Membersihkan tubuh

Kebersihan tubuh tentunya harus selalu dijaga untuk menghilangkan berbagai kotoran pada tubuh kita, terutama setelah melakukan aktivitas seharian. Dalam hal ini kita bisa menggunakan daun bidara untuk membersihkan tubuh kita dengan maksimal.

Daun bidara memiliki kandungan antiseptik yang dapat membersihkan tubuh dengan maksimal, tidak heran jika banyak produk sabun yang menggunakan daun bidara sebagai bahan dasar produk mereka.

Dalam menggunakan daun bidara, kamu bisa merebus terlebih dahulu daun bidara, yang kemudian rebusan air tersebut bisa kamu gunakan untuk mandi.

Mengatasi masalah haid

Haid merupakan siklus rutin yang dialami wanita ketika sudah mulai pubertas. Dalam haid tentu saja tidak semuanya mulus, ada kalanya haid memiliki masalah salah satunya adalah haid yang tidak lancar.

Dalam hal ini kita bisa menggunakan daun bidara untuk mengatasi hal ini, daun bidara mampu menyeimbangkan hormon wanita, sehingga masalah haid yang tidak lancar akan segera teratasi. Untuk menggunakanya, kamu cukup menggunakan daun bidara untuk diminum pada saat malam hari.

Mengobati luka

Tidak jauh berbeda dengan poin diatas, daun bidara juga bisa kita gunakan untuk membantu mempercepat penyembuhan luka, mulai dari luka yang disebabkan oleh goresan, luka memar, hingga luka bakar. Hal ini dikarenakan karena daun bidara memiliki beberapa zat yang bisa menghentikan pendarahan, sehingga luka yang diderita akan segera mengering dan lekas sembuh.

Dalam menggunakan daun bidara untuk membantu menyembuhkan luka, kita hanya perlu merebus beberapa daun bidara, kemudian menempelkan pada kulit yang terdapat luka selama kurang lebih 20 menit.

Mengatasi kulit kering

Kulit kering merupakan tanda bahwa tubuh kita kekurangan cairan, selain dengan memperbanyak konsumsi air putih, kita bisa menggunakan daun bidara untuk mengatasi kulit kering dan untuk melembabkan kulitDalam hal ini kamu bisa menggunakan daun bidara untuk dioleskan pada kulit, atau dengan meminum rebusan air bidara.

Mengobati demam

Demam bisa diderita oleh siapa saja, tidak hanya kecil tentunya, bahkan orang dewasapun seringkali mengalaminya. Demam seringkali muncul akibat faktor cuaca yang tidak menentu, virus, bakteri atau disebabkan oleh hal lainya.

Salah satu manfaat dari daun bidara adalah, bisa membantu menyembuhkan demam, karena daun bidara memiliki kandungan paracetamol dan antibakteri, yang dapat membunuh bakteri ataupun kuman yang menyebabkan demam.

Menguatkan rambut

Rambut rontok pasti akan membuat kita terganggu dalam menjalankan aktivitas harian, kurangnya perawatan atau nutrisi bisa menjadi penyebab rambut menjadi rontok. Namun tidak usah khawatir, karena kita bisa memanfaatkan daun bidara untuk menguatkan rambut secara alami.

Kamu hanya perlu menumbuk beberapa daun bidara, kemudian mengoleskan pada rambut hingga kekulit kepala selama beberapa saat.

Menghilangkan bau mulut

Bau mulut bisa saja diderita pada siapa saja, dengan memiliki bau mulut yang tidak sedap tentunya akan mengganggu aktivitas kita, terutama ketika akan berbicara dengan orang lain, pasti akan tidak percaya diri karena mempunyai bau mulut yang tidak sedap.

Untuk mengatasi hal ini kamu bisa memanfaatkan daun bidara, cukup gunakan air rebusan daun bidara untuk kumur-kumur, lalu rasakan perbedaanya.

Mengatasi gangguan pencernaan

Gngguan pencernaan sering kali dialami oleh beberapa orang, entah disebabkan oleh cuaca, hingga mengkonsumsi makanan pedas yang berlebihan atau disebabkan oleh hal lainya. Ketika mengalami gangguan pencernaan tentunya akan sangat mengganggu aktivitas, karena kita akan bolak balik keluar masus kamar madi karena kita mengalami gangguan pencernaan.

Namun kamu bisa mengatasi hal ini dengan menggunakan daun bidara, karena daun bidara memiliki sejenis kandungan yang dapat membantu menyembuhkan masalah pencernaan, selain itu daun bidara juga bisa mengeluarkan berbagai racun yang terdapat pada tubuh.

Kamu bisa memanfaatkan daun bidara untuk menyembuhkan masalah pencernaan dengan cara meminum air rebusan daun bidara.

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel